Wow Fosil Gajah Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Cipongkor

CIPONGKOR, BBPOS- Fosil gajah berusia ribuan tahun ditemukan di Kampung Suramanggala RT 1/1, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor.

Hal tersebut terungkap usai peneliti paleontolog ITB dan UI melakukan penelitian terhadap temuan fosil oleh masyarakat pada Minggu (10/10/2021).

Paleontolog ITB, Mika Rizki Puspaningrum menjelaskan, pihaknya menemukan belasan tulang belulang yang terdiri dari tiga jenis hewan purba.

“Kita tadi menemukan belasan tulang dari keluarga sapi, rusa dan ada satu tulang dari seekor gajah,” katanya saat ditemui di lokasi, Minggu (10/10/2021).

Ia menambahkan, berdasarkan pengamatan di lokasi temuan fosil yang diduga berusia ribuan tahun tersebut berasal dari hewan yang hidup di sekitar sungai.

“Mungkin mereka (fosil) bisa saja mati di tepian sungai setelah terurai terbawa sungai. Bahkan bisa saja area ini dulunya hutan dan ada sungainya juga,” jelasnya.

Mika menyebut, berdasarkan temuan fosil di lokasi ukuran hewan tersebut berukuran tidak jauh dari yang sekarang seperti tulang kaki, punggung, gigi dan yang lainnya.

“Ukurannya mirip dengan yang sekarang,” katanya.

Sementara itu, saat disinggung terkait penemuan fosil tulang gajah, Mika menyebut, hal itu membuktikan bahwa gajah pernah hidup di pulau Jawa.

“Kalau kerbau dan sapi kan masih ada hingga saat ini di pulau Jawa. Tetapi untuk gajah sendiri di pulau Jawa habitat gajah sudah tidak ada dan kita harus mengetahui kapan gajah itu punah di pulau Jawa,” katanya