Bandung Barat Siap Buka Kawasan Wisata

NGAMPRAH, BBPOS – Pemkab Bandung Barat bakal mengupayakan izin operasi kawasan wisata dikeluarkan Pemerintah pusat.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, pihaknya saat ini berupaya meyakinkan pemerintah pusat bahwa sarana dan prasarana protokol kesehatan Covid-19 di kawasan wisata telah siap.

“Kemarin sudah ijin ke pa menteri (Sandiaga Uno), kami juga memberikan contoh ketika kemarin lebaran tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 semua berjalan aman dan lancar,” katanya, Jumat (10/9/2021).

Ia menambahkan, sejauh ini pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) baru memberikan izin ujicoba pembukaan kawasan wisata di The Lodge Maribaya.

“Sehingga sebenernya semuanya bisalah dibuka, jadi biar tidak ada kecemburuan. Tapi pengalaman kita mengatasi kemarin waktu liburan tidak berkerumun itu bisa menjadi contoh prokes diterapkan,” katanya.

Hengky menegaskan, saat membuka kawasan wisata kapasitas maksimal pengunjung diangka 25 persen serta menerapkan sistem buka tutup dengan protokol kesehatan Covid-19 yang cukup ketat.

“Jika melihat dari Pikobar Provinsi Jabar kita sebenarnya di level 2, tapi karena aglomerasi jadi di level 3 tapi sebenernya trend kita sudah sangat turun,” katanya.

Sementara itu, pihaknya pun bakal melakukan koordinasi kepada Pemprov Jabar agar kegiatan wisata di Kabupaten Bandung Barat dapat dibuka menerima kunjungan wisatawan.

“Tempat wisata kita mah udah keren, istilahnya CHSE nya sudah luar biasa udah ketat banget dan lebaran kemarin kan udah berhasil engga membludak,” tegasnya.