Pemkab Bandung Barat Terima CSR Tanah 5 Hektare

Padalarang, BBPOS – Pemkab Bandung Barat menerima lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum (Fasos Fasum) dari PT Belaputera Intiland, pengembang Kotabaru Parahyangan.

Lahan seluas 54.531 m2 atau kurang lebih 5 hektar tersebut untuk Taman Pemakaman Umum (TPU) Sawargaloka yang terletak di Kampung Cibacang, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Baray (KBB).

“Alhamdulillah kita mendapat CSR dari PT Belaputera Inteland, untuk pemakaman umum. Tidak hanya untuk warga di sekitar Padalarang saja, tapi untuk umum juga. (Lahannya) cukup luas,” ujar Pelasana tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan usai launching TPU, Kamis (10/6/2021).

Menurutnya, lahan TPU untuk warga KBB masih terbatas, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk yang mencapai 1,7 juta jiwa. Karena itu, Hengki meminta kepada para perusahaan yang berinvestasi bergerak di bidang properti di KBB, bisa menyerahkan fasos fasum yang diantaranya untuk lahan TPU.

“Saya berharap, para pengembang bisa segera menyerahkan fasos fasumnya ke Pemda,” katanya.

Selama ini, untuk pengadaan lahan TPU anggarannya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) masih terbatas. Secara bertahap Pemkab Bandung Barat akan menyediakan lahan tersebut, sesuai kemampuan anggaran.

Selain TPU Batujajar yang sudah dimiliki, pada tahun 2022 Pemda KBB menganggarkan untuk pembebasan lahan TPU di lokasi lainnya. Anggarannya sudah masuk dalam RKPD KBB Tahun 2022.

“Untuk pembangunan di KBB tidak sepenuhnya bisa dicover oleh anggaran pemerintah. Karena itu peran serta swasta, berkolaborasi dalam pembangunan daerah ini. Kita juga berharap untuk akses jalannya, seperti yang diharapkan warga bisa diperbaiki oleh Belaputera juga,” pungkasnya.