Kepengurusan PABPDSI KBB Dibentuk

Padalarang, BBPOS – Persatuan Anggota BadanPermusyawaratan Desa seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Barat (KBB) mengangkat Asep Bayu Rohendi menjadi anggota dewan kehormatan lembaganya.

Hal tersebut dilakukan agar dapat menjembatani aspirasi PABPDSI kepada Pemkab Bandung Barat.

Ketua PABPDSI KBB, Leni Fitriani mengatakan, para pengurus sepakat mengangkat Asep Bayu Rohendi agar dapat melakukan audensi dengan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan.

“Kita mengangkat Ketua PAN KBB, Asep Bayu agar pada Jumat tanggal 28/5/2021 kami sudah dapat dilantik dan dihadiri oleh Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan sebagai bentuk pengakuan terhadap keberadaan organisasi ini,” ujar Leni pada BBPOS, Senin (24/5)

Menurutnya, banyak program kerja yang akan dilakukan, seperti peningkatan pendidikan bagi para pengurus BPD di tingkat desa di KBB. Sebab, saat ini masih banyak para pengurus BPD tidak ditunjang dalam SDM.

“Tidak sedikit yang gagap teknologi, dan lemah pemahaman di bidang hukum, kita ingin menjadikan BPD itu lembaga yang memiliki marwah, bukan hanya sekedar badan pelengkap desa,” katanya.

Sementara itu, Asep Bayu Rohendi mengucapkan terimakasih sudah diberi kehormatan dan pengakuan sebagai Anggota Kehormatan di PABPDSI KBB.

“Dengan demikian bertambah banyak saudara dan jaringan yang akan berbuat untuk kemajuan Bandung Barat,” ujar Asep.

Ia menyampaikan, sedikitnya, ada 3 pilar yang ada pada BPD, yaitu sebagai pengawal aspirasi dan kebutuhan masyarakat, sebagai penjaga kewibawaan pemerintahan desa dan pilar ketiga sebagai pelopor tata kelola pemerintahan yang baik.

“Sebagai pengawal aspirasi dan kebutuhan masyarakat BPD harus bersinergi dengan anggota DPRD KBB, jadi kita bisa mengawal kebijakan pemerintah sekaligus melakukan pengawasan, BPD merupakan mata kami dalam mengawasi pembangunan di tingkat paling bawah,” pungkasnya.