Tempat Wisata di KBB Buka Hanya untuk Warga Lokal

PLT Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, Foto: bandungbaratpos.com/ Hendry

Ngamprah, BBPOS – Setelah sempat ditutup selama kurang lebih dua pekan akibat pandemi Covid-19, kini seluruh objek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) resmi mulai bisa dikunjungi para wisatawan.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, pertanggal 15 Mei 2021, lokasi wisata di KBB sudah dapat dikunjungi. Namun pengunjung hanya dibatasi oleh wisatawan lokal saja.

“Untuk wisatawan lokal saja dan itupun harus dibarengi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sscara ketat di kawasan wisata,” ujar Hengki, Jumat (14/5/2021).

Ia menjelaskan, kebijakan Pemkab Bandung Barar membuka kembali kawasan wisata tersebut sudah sesuai dengan keputusan pemerintah pusat.

Berdasarkan informasi Satgas Covid-19 lanjut Hengki, di wilayahnya tidak ada kawasan (desa) yang berada pada risiko zona orange maupun merah.

“Pada pelaksanaan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di KBB, saat ini di wilayah Kabupaten Bandung Barat (desa) mayoritas zona hijau dan kuning,” katanya.

Untuk itu ia mengimbau, kepada masyarakat yang hendak berwisata untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik dan disiplin.

“Pastikan kondisi kesehatan kita dalam kondisi sehat dan jangan lupa memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumun serta mencuci tangan menggunakan handsanitizer,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Disparbud KBB, David Oot menegaskan, pihaknya akan memperketat penerapan protokol kesehatan Covid-19 di kawasan wisata.

“Kita fokuskan ke wisatawan lokal. Di luar itu, ada petugas pos penyekatan yang menghalau wisatawan luar daerah,” tandasnya.