Pemkab Bandung Barat Guyur MUI Rp3,5 Miliar

Ketua MUI Kabupaten Bandung Barat KH Muhammad Ridwan Menrima Dan hibah dari Pemda Bandung Barat, secara simbolis langsung diberikan oleh PLt Bupati Hengky Kurniawan, Foto: istimewa/Net

Ngamprah,BBPOS- Setelah 2 tahun berturut-turut tidak mendapatkan Dana Bantuan Operasional (DBO) atau hibah, akhirnya pada tahun 2021 ini para pengurus MUI Kecamatan dan Desa se- Kab. Bandung Barat kembali mendapat hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat.

Adapun besaran hibah yang diberikan untuk MUI se-Kab. Bandung Barat tahun ini mencapai Rp. 3.5 Miliar, diantaranya untuk MUI Kabupaten sebesar Rp. 350 Juta, MUI Kecamatan masing-masing Rp. 25 Juta, MUI Desa masing-masing Rp. 15 Juta dan untuk DKM Masjid Agung Ash-Shidiq sebesar Rp. 275 Juta.

Mewakili para ketua MUI Kecamatan dan Desa, Ketua MUI Kab. Bandung Barat, KH. M. Ridwan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat dan rasa syukur tak terhingga.

“Sudah cukup lama kami tidak menerima bantuan dari pemda, setidaknya selama 2 tahun terakhir. Dan Alhamdulillah tahun iji ada lagi,” ujar KH. M. Ridwan ketika ditemui setelah penyerahan simbolis DBO MUI Se-Kab. Bandung Barat, Kamis (6/4) sore.

Menurutnya, MUI Kabupaten Bandung Barat akan bekerja semata-mata karena cinta kepada Alloh SWT dan Rasulnya serta sebagai bentuk cinta kepada negara. Jadi, ada ataupun tidak dana bantuan yang diberikan, pihaknya akan tetap bekerja dan memanfaatkan peluang sebagai ladang amal kebaikan.

Ridwan juga mendo’a kan agar seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bandung Barat bisa.lebih baik dan lebih maju lagi dimasa yang akan datang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) SETDA Kab. Bandung Barat, Asep Hidayatulloh membenarkan bahwa bantuan hibah untuk MUI Kecamatan dan Desa se- Kab. Bandung Barat sempat tidak ada selama 2 tahun terakhir akibat pandemi Covid-19. Namun untuk operasional MUI Kabupaten tetap ada setiap tahunnya, hanya saja besarannya diaesuaikan dengan kondisj keuangan Pemda.

“Jika dibanding tahun 2018, DBO MUi Kecamatan dan Desa mengalami peningkatan. Untuk MUI Kecamatan masing-masing mendapatkan Rp. 25 Juta dari Rp. 15 Juta pada tahun 2018 dan MUI desa mendapatkan Rp. 15 Juta atau bertambah sebesar Rp. 3 Juta dari 2 tahun sebelumnya,” terangnya.

Dan pada kesempatan tersebut Pemerintah Kab. Bandung Barat juga memberikan hibah untuk operasional DKM Masjid Agung Ash-Shidiq sebesar Rp. 275 Juta.

Mengenai hibah yang diberikan, Plt. Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan berharap dapat mempererat sinergitas kedua belah pihak melalui dukungan yang diberikan sebagai support dari Pemda kepada MUI.

Hengki juga memohon do’a dan dukungan dari para tokoh agama agar dapat menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat, sehingga Bandung Barat bisa bangkit dari kondisi yang tidak mudah ini.

“Saya memohon do’a dari para kyai dan seluruh tokoh agama untuk mengetuk pintu langit agar Kab. Bandung Barat bisa lebih baik dan semakin berkah dimasa yang akan datang,” tuturnya. (ADV)