Mudik Dilarang tapi Tempat Wisata Dibuka

Ngamprah, BBPOS – Kawasan wisata di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) tetap menerima wisatawan dari luar daerah selama masa larangan mudik Lebaran 2021.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, KBB, Heri Partomo di Ngamprah, Rabu (28/4/2021).

Menurutnya, meski kebijakan pemerintah pusat melarang mudik, wisata boleh. Bukan berarti dari luar daerah tidak diijinkan berwisata.

“Wisata asal luar Bandung Raya kenapa tidak, selama mereka bisa menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah meminta aparat kepolisian di sejumlah pos penyekatan mudik bisa mengizinkan lewat bagi wisatawan. Menurutnya, aparat bisa melihat perbedaan pemudik dengan wisatawan dari barang bawaan mereka.

“Di Lembang kawasan Cikole itu ada pos penyekatan yang dijaga polisi. Mohon diizinkan bagi wisatawan. Barang bawaan para wisatawan kan beda dengan pemudik,” tambahnya.

Berdasarkan catatan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan KBB, angka vaksinasi terhadap pelaku wisata masih rendah. Dari target 1.700 pelaku wisata, yang telah divaksin baru hanya 417 orang.

Oleh karena itu, Heri meminta pengelola wisata mempersiapkan kunjungan saat libur panjang Lebaran ini. Meski tak ada kewajiban menyediakan tes Covid-19, protokol kesehatan berupa, tanda jaga jarak dan tempat mencuci tangan, harus disediakan pengelola.

“Walau tak ada syarat menyediakan tempat tes, pengelola wisata harus menjamin protokol kesehatan berjalan secara ketat,” pungkasnya.