Jembatan Montoya Dibongkar Warga, Kenapa?

Gununghalu, BBPOS – Sejumlah warga di Kecamatan Gununghalu melakukan pembongkaran jembatan Montaya di Kampung Pasanggrahan RW 2 Desa Sirnajaya, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Agus (45) warga Desa Sirnajaya mengaku kecewa terhadap pemerintah KBB yang dinilai kurang memperhatikan kondisi jembatan.

“Gerakan pembongkaran atau perbaikan jembatan ini merupakan bentuk emosional dan kekecewaan masyarakat Gununghalu, tidak seperti dulu kita hanya di iming-imingi saja oleh pemerintah,” ungkap Agus kepada BBPOS, Selasa (24/3/2021).

Menurutnya, jembatan montaya tersebut salah satu buatan dimasa penjajahan Belanda. Hingga saat ini kata Agus, pemerintah daerah belum pernah mendengar aspirasi masyarakat Kecamatan Gununghalu.

Padahal, jembatan itu salah satu akses utama jalan penghubung antar Desa Sirnajaya dan Desa Gununghalu.

“Warga khawatir keselematan dan kenyaman bagi para pengguna jembatan ini, makanya warga berinisiatif membongkar jembatan Montaya. Kacida pisan selaku para pemangku kebijakan di Pemda KBB khususnya Dinas PUPR yang kurang respon kepada kepentingan masyarakat,” tegas dia.

Ia menambahkan, jembatan Montaya ini bukan saja sebagai sarana penghubung antar desa, namun jalan itu sudah menjadi fasilitas penunjang kehidupan masyarakat di wilayah selatan Bandung Barat.

“Masa pejabat KBB, pura-pura tidak melihat. Padahal jembatan ini letaknya di dekat masjid besar Gununghalu yang bisa dibilang icon kecamatan Gununghalu,” pungkasnya.