KPK Galedah Empat Tempat di Dua Dearah

Selama 11 jam penggeledahan di Gedung Bupati Bandung Barat, KPK mengamankan 2 koper serta satu dus yang diduga barang bukti terkait pengadaan barang pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi COVID-19 tahun 2020. Foto: BBPOS/Suwitno

Ngamprah, BBPOS – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menggeledah sejumlah tempat dan menemukan barang bukti berupa dokumen dan barang elektronik terkait kasus dugaan TPK pengadaan bansos Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat.

Plt Juru Bicara (Jubir) KPK, Ali Fikri mengatakan, sebanyak empat lokasi digeledah, hal tersebut salah satu upaya pengusutan dugaan kasus Tindak Pidana Korupsi (TPK) terkait pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi Covid 19 di Dinsos KBB Tahun 2020.

“Pada Sabtu (20/03/2021) Tim Penyidik KPK telah melakukan penggeledahan di 3 lokasi berbeda yang ada wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung,” katanya Senin (22/3/2021).

Ia menambahkan, tiga tempat penggeledahan tersebut merupakan rumah kediaman dari pihak-pihak yang terkait dengan perkara dugaan TPK pengadaan bansos Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat.

“Di 3 lokasi ini,telah ditemukan dan diamankan bukti diantaranya berbagai dokumen dan barang elekronik yang diduga terkait perkara,” jelasnya.

Sehari berselang, kata Ali, tim penyidik KPK selanjutnya melakukan penggeledahan di rumah kediaman dari pihak terkait TPK di wilayah Cimareme, Kecamatan Ngamprah. Dari tempat tersebut ditemukan dan diamankan bukti berupa barang elekronik yang terkait dengan perkara.

“Selanjutnya bukti-bukti tersebut segera dianalisa untuk di ajukan penyitaannya guna menjadi bagian kelengkapan berkas perkara penyidikan dimaksud,” pungkasnya.

Sementara itu, pada Jumat (19/3) lalu KPK sempat mendatangi rumah mantan Kepala Dinsos KBB (Heri Pratomo) yang saat ini menjabat sebagai Kepala Disparbud KBB untuk melakukan penggeledahan namun yang bersangkutan tengah berada di luar kota.

“Saya tidak ada di rumah jadi ga jadi (penggeledahan),” kata Heri Pratomo saat dihubungi, Jumat (19/3/2021).