KPK Pastikan Pengadaan Bansos Covid-19 KBB Ke Tahap Penyidikan

Ngamprah, BBPOS – Juru Bicara (Jubir) KPK Ali Fikri membeberkan Tindak Pidana Korupsi (TPK) di KBB terkait pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi COVID-19 telah dinaikan status ke tahap penyidikan.

Menurutnya, peningkatan status ke tahap penyidikan dilakukan seusai Komisi Pemberantasan Korupsi menemukan cukup bukti terkait adanya dugaan TPK pada pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi Covid 19.

“Benar saat ini KPK telah menaikkan ke tahap Penyidikan kasus dugaan TPK pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi COVID-19 pada Dinas Sosial Pemda Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020,” katanya, Selasa (16/3/2021).

Kendati begitu, hingga saat ini pihaknya belum dapat menyampaikan secara terbuka terkait para tersangka yang terjerat kasus korupsi tersebut.

“Pengumuman tersangka akan disampaikan saat tim penyidik KPK telah melakukan upaya paksa  penangkapan atau penahanan para tersangka telah dilakukan,” katanya.

Namun demikian, Ali menyebut pada waktunya akan memberitahukan kepada masyarakat tentang konstruksi perkara, alat buktinya dan akan dijelaskan siapa yang telah di tetapkan sebagai tersangka beserta pasal sangkaannya.

“Tim Penyidik KPK saat ini dan waktu kedepan masih menyelesaikan tugasnya lebih dahulu. Sebagai bentuk keterbukaan informasi kami memastikan setiap perkembangan penanganan perkara ini akan kami sampaikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan, pihaknya akan menangani kasus ini dengan bekerja secara profesional, akuntabel, transparan demi kepentingan hukum, umum.

“Kita kedepankan azas praduga tak bersalah dan kita junjung tinggi azas manusia, tetapi setiap orang yang terlibat suatu perkara korupsi harus juga kita minta pertanggungjawabanny,” katanya.