Jenjang SMP di KBB Siap-siap Tatap Muka

Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Asep Nirwan saat ditemui BBPOS,Senin (15/3/2021), Foto: BBPOS/Suwitno

Ngamprah, BBPOS – Disdik KBB mengaku siap menerapkan protokol kesehatan pembelajaran tatap muka kembali pada bulan Juli 2021 mendatang.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Asep Nirwan, Senin (15/3/2021)

Ia mengaku, pihaknya tengah menyiapkan skema pembelajaran tatap muka saat pemerintah pusat mengeluarkan peraturan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

“Kalau persiapan saat peraturan PTM dikeluarkan. Kita terus persiapkan PTM hingga saat ini,” ujar Asep kepada wartawan, Senin (15/3/2021).

Adanya wacana proses pembelajaran tatap muka dari Kemendikbud, kata Asep, bahwa kebanyakan kepala sekolah di wilayah Bandung Barat, berantusias tinggi dengan hal tersebut.

“Orang tua yang sudah mengetahui rencana Kemendikbud RI ini mereka menginginkan PTM terlaksana,” ungkap Asep.

Asep mengatakan, lebih dari 80 persen sekolah di Bandung Barat untuk SMP telah memiliki infrastruktur protokol kesehatan. Sehingga, sekolah-sekolah tersebut diizinkan untuk menerapkan pembelajaran tatap muka nantinya.

Sementara, sekolah yang tidak memiliki infrastruktur protokol kesehatan yang tak lengkap, tidak diizinkan untuk menerapkan pembelajaran tatap muka.

“Jumlah sekolah di KBB untuk SMP Negeri ada 77 sedangkan swasta 111 sekolah, kesiapan mereka sudah di atas 80 persen, dan kjrangnya sampai saat ini terus kita selesaikan,” kata dia.

Saat ini, Disdik KBB terus menunggu arahan dari Kemendikbud, dan Gugus Tugas Penangan COVID-19 Pemkab Bandung Barat terkait wacana tatap muka pada bulan Juni 2021 mendatang.

“Skema PTM ini mengikuti arahan pusat dan Stagas Penanagan COVID-19 pemerintah Bandung Barat, terlebih Disdik KBB selalu masif memberikan arahan kepda sekolah dan mengimbau persiapan PTM ini sebaik-baiknya,” tandas dia.