Zmart Solusi BAZNAS Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Ngamprah, BBPOS – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memberdayakan mustahik di tengah pandemi COVID-19 melalui program Zmart.

Ketua Baznas KBB, Hilman Farid mengatakan, program Zmart merupakan upaya meningkatkan eksistensi dan kapasitas usaha ritel mikro untuk mengatasi kemiskinan di wilayah Bandung Barat.

“Program ini kerjasama antara Baznas pusat, Provinsi Jawa Barat dan KBB. Tujuannya untuk meningkatkan etos kerja dan keterampilan mustahik dalam pengelolaan usaha ritel,” ujar Hilman kepada BBPOS, Rabu (10/3/2021).

Menurutnya, program tersebut diwujudkan dengan bantuan modal usaha dalam bentuk barang-barang dagangan, bantuan branding berupa renovasi ringan, dan pemasangan papan nama serta bantuan perlengkapan yang dibutuhkan warung.

“Keadaan ekonomi yang terus menurun dan adanya wabah pandemi COVID-19 juga berdampak pada para pelaku usaha mikro dan kecil. Oleh karena itu, Baznas pusat hingga ke daerah bekerja sama untuk memberikan bantuan modal usaha,” katanya.

Ia mencatat pada tahap pertama peluncuran Zmart di KBB sudah ada 25 warung yang tersebar di 4 kecamatan yakni, Ngamprah, Padalarang, Cipatat dan Cisarua.

“Dalam enam bulan kedepan akan ada penambahan 25 warung Zmart lagi, itu sesuai dengan kesepakatan dengan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) pusat yang menargetkan 50 warung saudagar di KBB,” jelas Hilman.

Lebih lanjut Hilman mengatakan, program pemberdayaan ekonomi mustahik ini akan terus dikembangkan dalam upaya meningkatkan eksistensi dan kapasitas usaha ritel mikro untuk mengatasi kemiskinan.

Oleh karena keberadaan warung Zmart diharapkan dapat menjadi tumpuan masyarakat miskin dalam memperoleh penghidupan ditengah ancaman dari tumbuhnya minimarket modern yang sangat pesat.

“Baznas melalui LPEM akan terus berupaya meningkatkan usaha mustahik tidak hanya memberikan bantuan modal usaha, namun juga pengembangan usaha lewat aplikasi. Selain itu pendampingan pencatatan keuangan, dan pemasaran dapat membangun kepercayaan diri mereka dalam menjalankan usahanya,” pungkasnya.