DKPP Ajukan 13 Duta Petani Milineal

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Heru Budi Purnomo, Foto: BBPOS/ Suwitno

Ngamprah, BBPOS – Sebanyak 13 duta Petani Milenial Kabupaten Bandung Barat (KBB) diajukan ke pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk mendukung program peningkatan ekonomi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) KBB, Heru Purnomo mengatakan, Pemprov Jabar saat ini memiliki program petani milenial untuk mengubah wajah pertanian menjadi segar.

“Berkaitan dengan program Gubernur, kita mendata seluruh petani milenial. Dan kita sudah menyampaikan (ke Propinsi Jabar) ada 13 duta Petani Milenial dari Bandung Barat,” ujar Kepala DPKD KBB, Heru Purnomo saat ditemui, Kamis (25/2/2021).

Dijelaskannya, duta petani milenial tersebut nantinya akan dibekali dibekali teknologi digital untuk mendorong regenerasi tenaga kerja di sektor pertanian. Sebab menurut Heru, KBB merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi di bidang pertanian.

“Bandung Barat memiliki lahan pertanian yang cukup luas, dengan adanya program itu saya berharap pertumbuhan ekonomi di bidang pertanian dapat meningkat,” kata dia.

Selain mendorong gagasan Pemprov Jabar lanjut Heru, DKPP KBB pun sudah mengembangkan petani milenial. Salah satunya yang saat ini tengah digarap yakni di lahan milik Rumah Sakit Jiwa (RSJ) dengan luas lahan lebih dari 2 hektar.

“Kita sudah mencoba berkordinasi dengan para perwakilan petani di sana, dan ada ide ingin memanfaatkan lahan di RSJ untuk membuka grey. Baik itu produk buah buahan dan tanaman hias, maupun sayuran,” ungkap Heru.