Disdukcapil KBB Akan Buka Gerai Pelayanan di Pusat Perbelanjaan

Ngamprah, BBPOS – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB) di tahun 2021 ini akan membangun satu gerai di pusat perbelanjaan Lotte Mart Padalarang.

Kepala Disdukcapil KBB, Hendra Trismayadi mengatakan, gerai tersebut nantinya menjadi alternatif masyarakat untuk memperoleh pelayanan kependudukan.

“Itu inovasi pemerintah Bandung Barat, jadi nanti ada grey Disdukcapil disana, layanan yang berkaitan dengan Adminduk,” ujar Hendra, Senin (22/2/2021).

Menurut Hendra, pihaknya terus berupaya memberikan kemudahan bagi masyarakat Bandung Barat dalam mengurus dokumen kependudukan. Komitmen terus diwujudkan tidak hanya di kantor Disdukcapil KBB ataupun kecamatan, namun juga di lokasi pusat perbelanjaan.

“Target kita kesana, karena sekarang indek pelayanan adminduk kepada masyarakat itu baru 75% dalam melayani online. Artinya masih ada masyarakat yang belum puas, kita akan kembangkan inovasi itu,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini Pemkab Bandung Barat sedang mengkaji terlebih dahulu melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk pengadaan kendaraan seperti motor.

Kendaraan tersebut dijelaskan Hendra untuk petugas yang nantinya ditugaskan mengirim dokumen kependudukan kepada pemohon.

“Dilihat dulu oleh BPKAD dalam pengadaannya, karena motor itu nantinya dipakai oleh petugas untuk mengirim dokumen langsung ke tangan pemohon,” jelasnya.