Kades Mekarjaya Cikalong Wetan Buka Objek Wisata Baru Curug Buntung

salah satunya destinasi wisata Curug Buntung di Kampung Pangkalan RT 01 RW 19 Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikalongwetan, KBB, Foto:BBPOS/Hendri

Cikalongwetan, BBPOS – Kabupaten Bandung Barat (KBB) memiliki banyak destinasi wisata alam, salah satunya Curug Buntung di Kampung Pangkalan RT 01 RW 19 Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikalongwetan, KBB.

Air terjun dengan ketinggian 75 meter dari permukaan tanah itu layak dikunjungi lantaran pesonanya akan memanjakan mata.

Untuk menuju ke titik lokasi, wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua hingga empat. Estimasi jarak tempuh dari area parkir air terjun untuk menuju Curug Buntung 100 meter.

Memang, jalan yang dilalui sedikit terjal. Jalan setapak itu, masih seadanya dengan ciri khas tanah pegunungan.

Kepala Desa Mekar Jaya, Obar Sobarna menyebutkan curug tersebut, berada di area lahan carik desa dengan luas sekitar 4 hektar. Selain, Curug Buntung di area tersebut, terdapat pula situs sejarah, 8 bangunan benteng Belanda, Curug Sigay, Curug Ciganol dan Pasir Keraton Hutan Lindung milik PT Perhutani.

“Potensi inilah yang akan kita gali untuk dimaksimalkan keberadaannya. Saya kira, kalau Curug Buntung dikelola dengan baik, akan jadi tempat wisata menjanjikan,” ujar Obar, di Ngamprah, Rabu (17/2/2021).

Sayangnya, hingga saat ini pemerintah Desa Mekar Jaya belum memiliki anggaran untuk menata Curug Buntung tersebut. Obar berharap, ada investor yang melirik tempat itu untuk dijadikan destinasi wisata.