Grogi Lantaran Terima Sanksi, Pria Ini Blepotan Ucapkan Rukun Iman

Kanit Sabhara Polsek Cililin Iptu Yayat Ruhiyat saat memberikan sanksi kepada salah satu warga yang tidak memakai masker, Rabu (3/2/2021). foto: Istimewa

Cililin, BBPOS – Cara unik dilakukan Satgas Penanggulangan COVID-19 KBB untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker di wilayah Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat.

Seperti yang dilakukan pihak kepolisian Cililin, Bandung Barat. warga khususnya yang kedapatan tidak menggunakan masker saat razia diberikan sanksi sosial dengan melafalkan rukun islam.

Namun seorang pengendara yang diberi sanksi tesebut terdiam karena tak hafal rukun iman. Pria paruh baya yang baru saja menjemput anaknya dari sekolah itu gelagapan sambil tersenyum malu.

Karena tak hafal, dirinya kemudian diminta melafalkan rukun islam. Pada urutan pertama hingga ke tiga, masih tak ada kesalahan. Namun di urutan keempat, pria tersebut mulai ngelantur karena jawabannya salah.

Lantaran masih salah juga, petugas kemudian meminta agar pria tersebut tak melakukan kesalahannya lagi dengan melanggar protokol kesehatan. Sementara sang anal yang sudah beranjak dewasa, diminta mengingatkan sang ayah pentingnya mengingat rukun iman dan rukun islam.

“Iya betul tadi kita melakukan penertiban pelanggar protokol kesehatan di sekitaran Pasar Cililin. Kita berikan sanksi sosial terhadap pelanggar yang terjaring, tadi kita minta mereka melafalkan rukun iman dan rukun islam tapi banyak yang tidak hafal,” ungkap Kanit Sabhara Polsek Cililin Iptu Yayat Ruhiyat saat dihubungi, Rabu (3/2/2021).

Sanksi sosial dinilai lebih tepat diberikan pada para pelanggar ketimbang sanksi nominal. Hal itu lantaran kondisi ekonomi masyarakat saat ini tengah tidak baik akibat pandemi COVID-19.

“Kita lihat kondisi masyarakat kan sedang sulit, jadi kasihan kalau mau menerapkan sanksi denda. Lebih baik sanksi sosial dan sanksi fisik saja, setelah itu diingatkan bagaimana pentingnya protokol kesehatan,” jelasnya.

Pihaknya meminta agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 karena kasus COVID-19 saat ini tengah menanjak kembali.

“Seharusnya masyarakat sudah tidak perlu diingatkan soal penggunaan masker karena itu kan demi mereka. Cuma perlu diakui banyak yang acuh dan di situlah peran Satgas untuk mengedukasi dan mengingatkan mereka,” tandasnya.