Jalan Selatan Rusak Parah, Dewan Pertanyakan Pinjaman PT SMI

Cipongkor, BBPOS – Anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) dari Fraksi Golongan Berkarya (Golkar) Dadan Supardan menyebut kondisi ruas jalan di Rancapanggung, Cipongkor serta Cililin sangat memprihatinkan.

Pasalnya, tidak sedikit ruas jalan rusak, berlubang hingga bergelombang. Kondisi itulah yang saat ini dikeluhkan masyarakat sekitar sekaligus pengguna jalan.

“Kondisi ruas Jalan Rancapanggung-Cipongkor serta Cililin menuju Gununghalu kondisinya rusak berat. Itu sangat membahayakan pengguna jalan terutama pengendara motor,” ujar dia kepada BBPOS, Rabu (27/1/2021).

Seperti diketahui, Pemkab Bandung Barat kembali melanjutkan program pinjaman anggaran ke PT Sarana Multi Insfrastruktur (SMI) Persero. Dengan tujuan untuk perbaikan dan pembangunan insfrastruktur.

“Pinjaman sdbesar Rp 285.500.400.000 itu untuk pembangunan ruas jalan di Bandung Barat bagian selatan,” ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD KBB, Wendi Sukmawijaya mengatakan, pengerjaan jalan yang pinjam dari PT SMI harusnya multiyears kontrak pelaksanaan pekerjaan yang mengikat dana anggaran untuk masa lebih dari 1 (satu) tahun anggaran.

Hal tersebut dilakukan atas persetujuan Menteri Keuangan untuk pengadaan yang dibiayai APBN, Gubernur untuk pengadaan yang dibiayai APBD Propinsi, Bupati/Walikota.

“Jadi tidak akan selesai dalam 1 tahun anggaran harus diubah perencanaannya di perhitungkan juga pengguna jalan. Ruas sekian kilo meter dengan pekerjaan rabat beton tanpa ada jalan alternatif lelangnya pun sekarang belum selesai,” tutup Wendi.