Besok, 8 Pejabat Publik akan Disuntik Dosis Kedua Vaksin Covid-19 Sinovac

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Hernawan Widjayanto. Foto: BBPOS/Suwitno

Ngamprah, BBPOS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengungkapkan kegiatan vaksinasi COVID-19 dosis kedua akan dilaksanakan pada Kamis (28/1/2021) mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Hernawan Widjayanto mengatakan, seluruh tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga penunjang di fasilitas kesehatan serta pejabat publik yang pernah disuntik dosis pertama untuk bersiap divaksinasi.

“Besok penyuntukan vaksin tahap kedua dilakukan di RSUD Cikalongwetan terhadap delapan pejabat publik di KBB,” ungkap dia saat dihubungi, Rabu (27/1/2021).

Dia menuturkan, setiap orang yang telah divaksinasi tahap pertama selama empat belas hari selanjutnya menjalani vaksin tahap kedua.

Hernawan, menyebutkan jumlah vaksin COVID-19 dosis kedua akan dikirimkan sesuai dengan jumlah dosis pertama yaitu 3960 ribu dosis.

“Hari ini kita akan kembali menerima vaksin tahap dua dan kita juga masih melaksanakan penyuntikan vaksin tahap pertama sampai saat ini,” katanya.

Ia menambahkan, pembentukan antibodi setiap orang yang telah divaksin membutuhkan waktu berbeda-beda. Oleh karena itu, ketepatan waktu vaksinasi tahap dua penting.

“Vaksinasi tahap dua ini merupakan booster agar antibodi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan virus Covid-19 maksimal,” katanya.

Sejauh ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB belum menerima laporan bahwa orang yang telah divaksin pada tahap pertama mengeluhkan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

“Alhamdulillah sampai saat belum ada yang mengeluhkan efek samping usai divaksin pada tahap pertama. Tapi tetap saja kunci utama adalah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan disiplin,” pungkasnya.