Genjot Literasi di Tengah Pandemi, Ratusan Siswa SMP KBB Ikuti Pelatihan Menulis

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat, Asep Dendih. Foto:BBPOS/Hendri

Ngamprah,BBPOS- Sebanyak 300 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengikuti Pelatihan Kepenulisan secara virtual, Minggu (24/1/21).

Kepala Dinas Pendidikan Asep Dendih mengatakan, hal tersebut merupakan upaya nyata Pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya di bidang literasi.

“ kami mengapresiasi Kegiatan ini seklaigus mendukung upaya Pemerintah, khususnya Dinas Pendidikan KBB dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama dalam bidang literasi,” ujarnya saat membuka Workshop secara virtual, Minggu (24/1).

Asep menambahkan, kegiatan ini selain dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa, juga menjadi wadah silaturahmi mereka setelah selama hampir setahun berada dalam kondisi pembelajaran jarak jauh akibat situasi pandemi yang masih berlangsung.

Workshop Kepenulisan untuk siswa

“Saya berharap program pelatihan menulis untuk siswa, mudah-mudahn mencetak para penulis dan jurnalis muda,” katanya

Sementara itu Kepala Bidang SMP Dadang A. Sapardan mejelaskan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan Newsroom tersebut sangat sinergis dengan Kecakapan Abad 21 yang harus dikuasai siswa, yakni berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, kreatif dan inovatif.

“Jadi para peserta menunggah tugasnya ke google classroom, bahwa pendidikan di era Revolusi Industri 4.0 menuntut semua pihak meng-upgrade kompetensi diri, terutama di bidang teknologi digital. Sehingga kegiatan tersebut menjadi pembelajaran berharga untuk semua pihak,” tandasnya.