Begini Kronologi Umbara Terpapar Covid-19

Sekertaris Daerah Kabupaten Bandung Barat, Asep Sodikin. Foto: dok/BBPOS

NGAMPRAH, BBPOS – Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna diketahui positif Covid-19 usai menjalani rapidtes antigen pada 7 Januari 2021 lalu.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) KBB, Asep Sodikin saat dikonfirmasi terkait awal mula orang nomor satu KBB tersebut terpapar Covid-19, Jumat (15/1).

Ia menjelaskan, Bupati Bandung Barat (Aa Umbara) diketahui mengalami kondisi kesehatan yang kurang baik di awal tahun 2021 dengan keluhan flu dan batuk.

“Pa bupati berkonsultasi dengan pihak RSUD Lembang (Dirut RSUD Lembang Eisen Hower Sitanggang) terkait kondisi kesehatannya dan dilakukan pengobatan,” katanya.

Hingga tanggal 6 Januari 2021, kata Asep, kondisi kesehatan Bupati Bandung Barat tidak menunjukkan perkembangan yang baik dan selanjutnya pihak medis melakukan rapidtes antigen.

“Tanggal 7 Januari 2021 pa Aa Umbara menjalani rapidtes antigen dan hasilnya Positif COVID-19. Selanjutnya 8 Januari dilakukan tes PCR dan tanggal 9 hasilnya keluar dinyatakan Positif juga,” jelasnya.

Sementara itu, kata Asep, hingga saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat sudah melaksanakan tracing terhadap orang yang sempat kontak erat.

“Berdasarkan hasil tracing 52 orang di lingkungan keluarga dan sekitar sudah menjalani rapidtes antigen dan menunjukkan hasil negatif,” katanya.

Ia pun menyebut, Bupati Bandung Barat akan menjalani tes PCR pada 19 atau 20 Januari 2021 mendatangi. Sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh Kemenkes RI.

“Setelah 14 hari dinyatakan positif nantinya akan dilakukan tes PCR kembali untuk memastikan kondisi kesehatan pa bupati apakah sudah negatif atau belum,” katanya.