Hari Ini KBB Terima Vaksin Sinovac Covid-19

Ilustrasi, Foto istimewa Net.

Ngamprah, BBPOS – Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Hernawan Widjajanto mengatakan, bakal menerima 3.960 vaksin COVID-19.

Menurut Hernawan, vaksin yang diterima nanti, peruntukannya khusus bagi Nakes dan 10 pejabat di wilayah KBB. Hal tersebut disesuaikan dengan aturan yang diberikan oleh pemerintah pusat.

“Kita masih menunggu vaksin itu dari Provinsi Jabar, jadwal diterimanya itu wilayah KBB yang terakhir,” kata dia.

Ia menambahkan, vaksin yang akan tiba nantinya, rencananya akan disimpan terlebih dulu di gudang farmasi Kecamatan Cikalongwetan, untuk dihitung dan disiapkan alokasinya ke masing-masing yang sudah ditentukan oleh Dinkes.

“Jadi vaksin itu langsung diantar ke gudang farmasi Cikalong dan gudang itu sudah memenuhi syarat,” ucapnya.

Menurutnya tempat vaksinasi di KBB tersebar di beberapa puskesmas dan juga rumah sakit milik pemerintah, di mana nantinya tenaga kesehatan yang telah terdaftar akan disuntik vaksin pada 14 Januari 2021.

“Untuk vaksinasi tahap pertama ini kami lakukan pada 14 Januari dan khusus bagi tenaga kesehatan, dan 10¬† pejabat publik,” tuturnya.

Sementara itu, Sekda KBB, Asep Sodikin menyebut, penyuntikan vaksin tersebut pada tahap pertama diperuntukkan bagi nakes dan pejabat publik.

“Selanjutnya kita akan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak takut menjalani penyuntikan vaksin tersebut,” katanya.

Ia menegaskan, peran serta semua pihaknya terutama tokoh masyarakat berperan penting pada sosialisasi  vaksin ini kepada masyarakat.

“Kita juga akan melakukan sosialisasi dengan pihak MUI dan tokoh masyarakat lainnya,” katanya.