Yakinkan Warganya, Bupati Bandung Barat Siap Jadi yang Pertama Kali Disuntik Vaksin Covid-19

Ilustrasi, Foto istimewa Net.

Ngamprah, BBPOS – Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengungkapkan, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna menjadi orang pertama yang akan di vaksin sinovac COVID-19.

Menurutnya hal itu sebagai sosialisasi sekaligus meyakinkan masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman dilakukan.

“Rencananya untuk penggunaan vaksin di Lingkup Pemkab Bandung Barat, bupati (Aa Umbara) dulu, setelah itu kemudian pejabat lainnya,” ungkap Nanang kepada BBPOS, Rabu (6/1/2021).

Selanjutnya, kata dia, vaksinasi dilakukan terhadap masyarakat seperti lanjut usia, pelayan publik dan masyarakat umum. Namun paling utama adalah tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan virus corona.

“Jujur saja, masih banyak masyarakat yang meragukan penggunaan vaksin itu. Maka Pak Bupati dan pejabat lainnya, yang akan kita jadikan model bahwa vaksin ini aman.Mudah-mudahan saja, masyarakat tidak ragu lagi dengan vaksin ini,” kata dia.

Ia menjelaskan, setiap orang akan mendapatkan dua dosis vaksin dengan proses dua kali suntik dalam rentang waktu dua minggu. Keputusan mendapatkan dua dosis ini setelah dilakukan uji klinis 1 dan 2 di China.

Oleh karena itu, pada saatnya nanti, masyarakat yang mendapat jatah divaksin agar bersedia divaksin karena aman digunakan. Meski sudah divaksin, penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan.

“Yang jelas, secara bertahap sebanyak 70 persen penduduk kita harus menggunakan vaksin ini. Dan vaksin ini gratis bagi masyarakat,” pungkasnya.