Antisipasi Covid-19,Pemda Bandung Barat Siapkan Posko Pemeriksaan Rapid Test di Lembang

Lembang, BBPOS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah menyiapkan 300 alat rapid test antigen di tiga titik yakni Pos Pengamanan, Posko Alun-Alun Lembang dan objek wisata Farmhouse.

Kepala Bidang P2P pada Dinas Kesehatan Bandung Barat Mulyana menjelaskan, menjelang perayaan pergantian tahun baru 2021. Dari total 300, setidaknya 165 alat rapid test antigen yang terpakai.

“Dari 300 itu dibagi, di Posko Lembang itu 100 alat rapid test antigen, 50 alat rapid test antigen terpakai, hasilnya 1 orang positif COVID-19. Sementara di pos pengamanan Padalarang ada 2 orang positif dari 50 orang yang menjalani rapid test antigen,” ungkap Mulyana saat dihubungi, Kamis (31/12/2020).

Sementara menurut Mulyana, di objek wisata Farmhouse Lembang, ada 65 orang yang menjalani rapid test antigen dan hasilnya 1 orang yang merupakan wisatawan asal Bogor positif COVID-19.

“Kita targetkan hari ini ada 300 yang rapid test antigen, namun hanya 165 alat yang terpakai. Hasilnya 4 orang positif dan 161 negatif,” katanya.

Dari empat orang yang positif tersebut, dua orang merupakan warga Bandung Barat dan dua orang lagi merupakan wisatawan serta tamu dari luar daerah. Tindak lanjut dari hasil rapid test antigen tersebut, dilaporkan ke Dinas Kesehatan kabupaten/kota masing-masing.

“Untuk yang wisatawan dan tamu langsung dipulangkan lagi ke daerah asal domisili mereka. Kita laporkan ke Dinkes Jabar untuk diteruskan ke Dinkes daerah asal. Kalau yang warga KBB, dilaporkan ke puskesmas domisili mereka,” terangnya.

Ke empat orang yang positif COVID-19 akan dilacak riwayatnya apakah pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19.

“Kalau pernah kontak dengan yang positif akan dianggap positif COVID-19, kalau yang belum pernah langsung menjalani swab test lagi. Kita juga akan melakukan tracing kontak erat,” jelasnya