Liburan ke Lembang, Wisatawan Dites Rapid Antigen Gratis

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KBB, melakukan rapid tes antigen kepada pengunjung di sejumlah Objek Wisata di Lembang, Kamis (31/12). Foto: Suwitno/BBPOS

Lembang, BBPOS – Sejumlah pengunjung yang bertamasya ke kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), wajib menjalani rapid test gratis oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Kamis (31/12/2020).

Pengetasan rapid antigen ini dilaksanakan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi dan meminimalisasi penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) KBB, Sri Dustirawati mengatakan, kegiatan rapid test antigen gratis dinilai efektif menekan kunjungan wisatawan ke KBB.

“Libur natal kemarin saja, pengunjung hanya mencapai 10-15 persen,” katanya saat ditemui di kawasan Farmhouse, Lembang.

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan kegiatan serupa pada dua hari lalu dan saat libur natal 2020.

“Untuk hari ini kita targetkan bagi 100 wisatawan, dua hari lalu di Alun-alun Lembang,” kata dia.

Ia menegaskan, pihaknya telah berkomitmen bersama pengelola wisata untuk menerapkan protokol Kesehatan Covid-19 dengan ketat.

“Kalau misalkan suhu melebihi 37,5 derajat kita sediakan posko untuk rapid tes anti gen secara gratis bagi wisatawan,” pungkasnya.

Sementara itu, Pemilik Wisata Farmhouse Lembang, Peri Tristianto menyebut, dirinya mangaku kecewa lantaran kunjungan wisatawan tidak sesuai target yakni 40 persen.

“Kita tidak menutup operasional, tapi kunjungan libur natal kemarin juga hanya 10 persen,” katanya.

Ia pun berharap, pandemi Covid-19 ini cepat berlalu dan geliat pariwisata di Kabupaten Bandung Barat kembali berjalan normal.

“Di 2021 ada program baru untuk meningkatkan kunjungan. Tegantung kondisi pandemi dan kebijakan pemerintah,” pungkasnya.