Iip Saripudin Terpilih Jadi Ketua KNPI KBB

Parongpong, BBPOS – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akhirnya memiliki ketua baru untuk kepengurusan periode 2021-2024 yakni Iip Saripudin.

Dia dipilih setelah memperoleh dukungan terbanyak mengalahkan rivalnya Rusdan dalam Musyawarah Daerah (Musda) V KNPI KBB di Hotel Cheris Parongpong, Selasa (29/12/2020) malam.

Kedua kandidat tersebut memperebutkan total suara 103 yang terdiri dari OKP 86, PK 16 serta MPI. Dari hasil perhitungan, Iip Saripudin memperoleh suara sebanyak 64. Sedangkan Rusdan hanya didukung oleh 35 suara, abstain 2, tidak sah 1, plus MPI 1 suara.

Padahal sebelum agenda Musda dilaksanakan, ada lima bakal calon (Balon) yang menyatakan maju untuk merebut kursi ketua KNPI KBB.

Iip Saripudin mengaku berterima kasih atas kepercayaan dan amanat yang diberikan. Dia akan berupaya menjalankan organisasi dengan merangkul seluruh elemen kepemudaan di KBB.

“Saya akan membangun soliditas dan melakukan penguatan organisasi, termasuk bersinergi dengan pemerintah. Prinsipnya pemuda KBB harus tertib, berkarakter, terampil, inovatif, dan berdayaguna untuk lingkungan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KNPI KBB periode 2017-2020, Lili Supriatna mengatakan, pihaknya berpesan kepada ketua terpilih untuk senantiasa mengoptimalkan peran OKP maupun PK yang berhimpun di KNPI.

“Jadi hanya bukan sebatas kumpul bersilaturahmi tapi saya menitipkan satu OKP satu prodak atau satu kecamatan prodak,” katanya.

Ia pun mengingatkan, usai pemilihan tersebut tidak meninggalkan ekses perpecahan. Dengan kata lain, perbedaan boleh saja tapi tidak menyebabkan perpecahan.

“Sesuai amanat pa Bupati (Aa Umbara) semua pemuda usai Musda melebur tanpa ada perpecahan,” katanya.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna berharap, terselenggaranya Musda V KNPI KBB tersebut bisa meningkatkan kebersamaan antara sesama anggota KNPI KBB.

“Siapapun yang terpilih, hal terpenting bisa membangun pemuda yang lebih baik di KBB serta dapat bersinergi dengan pemerintah sesuai dengan visi misi AKUR,” pungkasnya.