KBB di Zona Merah, Pemkab Langsung Lakukan Ini

Sekertaris Daerah Kabupaten Bandung Barat, Asep Sodikin. Foto: dok/BBPOS

NGAMPRAH,BBPOS – Berdasarkan evaluasi Satgas Covid-19 Jawa Barat Kabupaten Bandung Barat berada pada zona kewaspadaan berwarna merah.

Ketua Harian Satgas Covid-19 KBB, Asep Sodikin mengatakan, sejauh ini perkembangan kasus Covid-19 di wilayahnya terbilang fluktuatif hingga saat ini.

“Beberapa hari kemarin ada penambahan kasus lumayan besar sampai 54 kasus positif baru. Akhirnya itu menyebabkan KBB masuk zona merah lagi,” katanya pada BBPOS, Rabu (2/12).

Ia menjelaskan, penambahan kasus tersebut disebabkan oleh mobilitas warga yang cukup tinggi baik yang keluar maupun masuk Kabupaten Bandung Barat.

“Seharusnya di libur panjang ini diam dulu di rumah kalau tidak ada keperluan mendesak karena peningkatan kasus di KBB ini dari pergerakan masyarakat,” katanya.

Asep menegaskan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan OPD terkait tentang kebijakan Pemkab Bandung Barat menyikapi meningkatnya kasus Covid-19 ini. Termasuk penutupan kawasan wisata yang ada di wilayahnya.

“Kalau penerapan PSBB atau PSBM harus melihat situasi dulu, tidak bisa parsial di lokasi yang ada kasusnya saja. Salahsatu penyebabnya adalah mobilitas di kawasan wisata,” katanya.

Ia mengimbau, kepada masyarakat Bandung Barat untuk senantiasa menjalankan protokol Kesehatan Covid-19 dengan baik dan disiplin.

“Jangan lupa tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta tidak bepergian rumah jika tidak mendesak,” katanya.