Angin Puting Beliung Terjang Cisarua, Puluhan Rumah Rusak

Cisarua,BBPOS- Sejumlah rumah warga di Kampung Citalio, Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, rusak akibat diterjang angin puting beliung, Jumat(20/11/2020).

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

“Dalam kejadian itu, sejumlah rumah warga rusak berat dan ringan,” ungkap Duddy kepada BBPOS, Jumat (20/11/2020).

Berdasarkan data yang dihimpun BPBD KBB, sebanyak 26 rumah yang terkena dampak angin puting beliung diantaranya, 6 rusak berat dan 20 rusak ringan.

Dalam kejadian itu, beruntung tidak ada korban jiwa. Bagi warga yang terdampak lanjut Duddy, untuk sementara waktu diungsikan ke rumah tetangga atau kerabat terdekat.

“Rata-rata bagian atap rumah yang mengalami kerusakan dan 1 masjid mengalami rusak sedang,” kata dia.

Ia mengungkapkan, saat ini pihaknya masih melakukan penyisiran rumah warga yang terdampak angin kencang dan puting beliung.

“Selain itu, BPBD bersama TNI, Polri, relawan dan masyarakat tengah bahu-membahu melakukan pembersihan wilayah yang terdampak,” kata dia.

Untuk informasi, sebagian wilayah KBB masih diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Masyarakat diminta tetap waspada dalam kondisi ini terutama ketika hujan disertai angin.

“Sewaktu-waktu angin kencang dapat menerpa wilayah mana saja. Untuk itu selalu waspada,” pungkasnya.