Waduh, 19 Warga Cilame Terpapar Covid-19

Foto istimewa CNN/Net

Ngamprah, BBPOS- 19 warga Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat terkonfirmasi positif Covid-19 setelah tes Swab.

Kepala Desa Cilame Aas membenarkan jika warganya positif Covid-19, sekarang warga yang positif sudah melakukan isolasi mandiri.

“Iya benar kang warga saya terkonfirmasi positif Covid-19 dan sekarang sudah melakukan isolasi mandiri,”ujar Aas ketika dihubungi, jumat (13/11/2020).

Aas mengatakan, warga yang positif Covid-19 dirinya masih mentracking dari mana warga yang terpapar COVID-19.

“Kita masih mentracking warga yang terpapar COVID-19,” katanya.

Semantara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat Hernawan Widjajanto mengatakan ke-19 orang tersebut terpapar COVID-19 dari seorang warga yang bepergian ke luar daerah.

“Jadi awalnya itu ada satu orang yang positif COVID-19 setelah pulang dari Jakarta, terus menular ke bapak dan ibunya. Akhirnya sekeluarga itu positif. Kemudian kita tracing kontak eratnya,” kantanya

Dari hasil tracing tersebut pihaknya melaksanakan swab test terhadap kontak erat untuk memastikan penularan dari keluarga yang positif COVID-19 tersebut.

“Total yang terkonfirmasi positif 19 orang, itu termasuk sekeluarga yang jadi sumber penularannya,” terangnya.

Hernawan mengatakan saat ini ada dua orang yang dirawat di rumah sakit. Sementara sisanya masih menjalani isolasi secara mandiri di rumahnya masing-masing.

“Sebetulnya kita sudah siapkan ruang isolasi di RSUD Cikalongwetan, tapi mereka yang isolasi mandiri belum mau dipindahkan ke rumah sakit. Kita minta bantuan ke Satgas COVID-19 desa untuk membujuk mereka biar mau diisolasi di rumah sakit biar lebih mudah pengawasannya,” tegasnya.