Disdukcapil KBB Optimalkan Pelayanan Jemput Bola

Ngamprah, BBPOS – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) KBB, memaksimalkan pelayanan untuk warganya melalui kendaraan keluling.

Kadisdukcapil KBB, Hendra Trismayadi, mengatakan, pelayanan dokumen kependudukan menggunakan kendaraan keliling sudah ada sejak sebelum pandemi COVID-19.

“Itu dilakukan untuk mengoptimalkan pelayananan di daerah-daerah yang jangkauannya jauh dari kecamatan,” kata Hendra di Ngamprah, Rabu (11/11/2020).

Meskipun demikian, pelayanan secara online masih berlangsung saat ini. Hal itu untuk menghindari kerumunan warga saat mengantri.

“Untuk pelayanan tatap muka di kantor Disdukcapil masih secara online hingga saat ini,” katanya.

Ia menambahkan, untuk proses percetakan Adminduk dapat dilaksanakan di kecamatan setempat. Hal itu agar masyarakat tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil KBB.

“Pelayanan adminduk dilakukan di kecamatan masing-masing untuk sekarang,” katanya.

Masih kata Hendra, pihaknya pun saat ini mengoptimalkan kendaraan yang melayani langsung ke setiap desa terutama yang berada di perbatasan dengan kabupaten lain.

“Kita lebih mengutamakan pelayanan jemput bola dengan program Jemput Bola Kendaraan Keliling (Jebol Darling),” katanya.

Ia pun mengimbau, kepada masyarakat untuk senantiasa menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Hal itu untuk memutus mata rantai Covid-19.

“Yang pasti jangan lupa tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” katanya.