Djamu Kertabudi: Wacana Pemekaran Kota Lembang Sah-sah Saja

Pengamat Politik dari Universitas Nurtanio, Djamu Kertabudi. Foto: Istimewa/Net

KOTA LEMBANG ?
Rupanya Gubernur Jabar Ridwan Kamil memiliki spirit dan pemikiran yang sama dengan seniornya Yogie S. Memet mantan Gubernur Jabar, bahwa untuk mengejar tingkat perkembangan kemajuan dengan propinsi tetangganya yaitu Jateng dan Jatim, maka dipandang perlu ada rencana induk.

Pengembangan wilayah Propinsi Jabar dengan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) melalui pemekaran Daerah. Lebih konkrit disebutkan kedepan Propinsi Jabar dari 27 Kab/Kota menjadi 40 Kab/Kota. Dengan rencana ini mengandung maksud dapat menarik subsidi atau dana transfer lebih besar dari Pemerintah Pusat kepada masyarakat.

Jabar melalui APBD masing-masing Kab/Kota. Dampak dari wancana ini munculah berbagai aspirasi yang berkembang di masyarakat. yang menginginkan Daerahnya dimekarkan.

Seperti pembentukan Kab. Sukabumi Utara, Bogor Barat, Cikampek, Bekasi Barat, Cianjur Selatan, Bandung Timur, Garut Selatan, Bagian dari Subang, Indramayu, Cirebon, dan terakhir Kota Lembang.

Namun Pemerintah sudah lebih dulu mengambil kebijakan moratorium atau menunda pembahasan pembentukan DOB ini termasuk aspirasi yang berkembang di masyarakat. Daerah masing-masing.
Kota Lembang ?. Kenapa bukan Kab. Lembang ?.

Dilihat dari aspek karakteristik dan potensi wilayah Lembang dan sekitarnya, sebagian besar merupakan wilayah pertanian, dengan kultur masyarakatnya termasuk masyarakat. pedesaan (Rural Community). Hanya sebagian kecil terdapat masyarkat. Urban.

Dengan demikian, karakteristik dan potensi seperti ini termasuk wilayah Kabupaten. Dari aspek format wilayah administrasi Pemerintahan saja menjadi persoalan tersendiri, apalagi dari berbagai aspek lainnya, seperti kebijakan Kawasan Bandung Utara, dan eksistensi KBB kedepannya. Apalagi kondisi KBB dari sejak awal pembentukan (2007) sampai saat ini masih tertatih-tatih dalam upaya menggapai tujuan pemekaran itu sendiri.

Disamping itu berdasarkan Perpres 45 Tahun 2018 Tentang Tata Ruang Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung, bahwa 16 Kecamatan di wilayah KBB merupakan bagian dari cakupan kawasan perkotaan cekungan Bandung sebagai satu kesatuan tata ruang.

Namun demikian, wacana pembentukan
Kota Lembang sebagai sebuah aspirasi suatu komunitas masyarakat. sah-sah saja. Cag. Wassalam.