Libur Panjang, Obyek Wisata Jamin Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Lembang, BBPOS – Sejumlah destinasi wisata di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menerapkan protokol kesehatan yang ketat kepada pengunjung saat libur panjang akhir pekan ini.

Salah satunya Floating Market Lembang, KBB. Sebelum memasuki lokasi wisata, para pengunjung diwajibkan memeriksakan suhu tubuh dan mencuci tangan yang sudah disiapkan pengelola wisata.

“Protokol kesehatan menjadi utama yang kita terapkan, sebelum masuk, para pengunjung harus memakai masker, lalu dicek suhu tubuh dan diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu,” ujar pemilik Wisata Floating Market, Ferry Tristianto kepada BBPOS, Kamis (29/10/2020).

Menurut dia, pihaknya juga melakukan sosialisasi pentingnya menerapkan 3M dalam masa pandemi COVID-19 ini. Sebab kata dia, saat ini banyak masyarakat yang belum paham dan belum sadar, betapa pentingnya penerapan 3M.

Selain itu, pihaknya juga menerapkan pembatasan jumlah pengunjung sebesar 50 persen dari kapasitas untuk mencegah adanya kerumunan.

“Itu dilakukan agar pengunjung lebih sadar dan memahami 3M itu apa. Selain itu, kita juga selalu memperhatikan jarak pengunjung agar tidak berkerumun,” kata dia.

Disinggung mengenai jumlah kunjungan wisatawan, Ferry menyebutkan di hari pertama liburan panjang sejak Rabu (28/10/2020) mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan faktor perekonomian masyarakat yang menurun.

“Dihari pertama libur, sedikit jumlah pengunjungnya, karena dampak Covid-19. Tapi di hari kedua, pengunjung sudah mulai ramai dari Kota Bandung ada, kebanyakan dari luar daerah, yaitu Tangerang,” ungkap dia.

Sementara itu, wisatawan asal Bandung, Herman (32) mengaku sengaja mengajak keluarganya berwisata di alam terbuka. Selain untuk melepaskan kepenatan, wisata ke alam terbuka dirasa lebih aman.

“Ke Floating Market anak-anak suka liat danau yang ada ikannya, tempatnya juga enak bisa langsung ngehirup udara. Pengelola juga menerapka protokol yang ketat, jadi insya Allah aman,” kata dia.