Pengunjung Wisata di KBB Dirapid Test

Parongpong, BBPOS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB), melakukan rapid test secara acak kepada sejumlah pengunjung objek wisata Lembang Park Zoo.

Menurut Kepala Dinkes KBB, Hernawan Widjajanto, rapid test tersebut dilakukan secara acak guna mencegah adanya penyebaran COVID-19 dari wisatawan yang berlibur di kawasan wisata Lembang selama libur panjang.

“Ini salah satu upaya mencegah penyebaran COVID-19 di kawasan wisata Lembang. Hari ini di Lembang Park and Zoo dulu, rapid test secara acak,” ungkap Hernawan, Kamis (29/10/2020).

Hernawan mengatakan, untuk meminimalisir penyebaran di lokasi keramaian, rapid test itu dilakukan di tiga titik selama 3 hari di kawasan wisata Lembang.

“Hari ini di objek wisata Lembang Park and Zoo, Jumat (30/10/2020) di Terminal Wisata Grafika Cikole, dan Sabtu (31/10/2020) di Lereng Anteng,” kata dia.

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan rapid test acak tersebut, pihaknya menyediakan 1000 buat alat rapid test yang dibagi untuk tiga objek wisata. Selain pengunjung, rapid test jiga berlaku untuk karyawan objek wisata.

“Total kita keluarkan 1000 alat rapid test, dibagi ke tiga objek wisata. Jadi rata-rata dapat jatah 300 buah alat. Itu untuk pengunjung dan karyawan,” terangnya.

Jika dari hasil rapid test ada yang reaktif maka akan ditindaklanjuti dengan swab test. Selain itu kontak eratnya pun akan langsung ditracing mencegah penyebaran COVID-19 meluas.

“Apabila ada yang reaktif dari hasil rapid test, maka akan ditindaklanjuti dengan swab test. Kita bawa yang bersangkutan untuk isolasi, meminimalisir penyebaran juga,” jelasnya.