Kesbangpol KBB Dukung Program Desa Bersinar

Ngamprah, BBPOS – Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) KBB, Jaja mendukung penuh program Bersih Narkoba (Bersinar) yang menyasar ke seluruh desa di Bandung Barat.

Menurut Jaja, program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) tersebut dipercaya mampu menekan angka penyalahgunaan narkotika di KBB.

“Wilayah Bandung Barat sangat rawan terhadap peredaran narkotika, terutama wilayah yang berdekatan dengan perbatasan. Maka itu kami sebagai intansi pemerintah mengajak pihak kecamatan dan desa untuk dapat berpartisipasi dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika,” ucap Jaja kepada BBPOS, Kamis (15/10/2020).

Jaja mengatakan, sesuai dengan kebijakan Permendagri nomer 12 tahun 2011, setiap intansi pemerintah terutama kecamatan dan desa untuk membentuk tim terpadu P4GN.

Tanggung jawab pencegahan penyalahgunaan narkoba itu lanjut Jaja, bukan hanya menjadi ranah dan wewenang Badan Narkotika Nasional (BNN) dan polisi saja. Namun tanggung jawab pencegahan itu juga berada di pundak pemerintah.

“Perlunya penguatan P4GN di semua pihak untuk mengantisipasi peredaran yang begitu rentan diwilayah perbatasan,” kata dia.

Ia pun mengimbau baik pemerintah dan masyarakat Bandung Barat untuh bersama-sama mencegah peredaran narkoba,”Kita sama-sama mendukung program P4GN BNN. Sebab apabila dibiarkan saja tanpa dibentengi program itu maka semua mudah terpengaruh,” tandasnya.