Sepanjang Pandemi, 777 Orang di KBB Suspek Covid-19

Ilustrasi Foto istimewa/Net

Ngamprah, BBPOS – Dinas Kesehatan KBB mencatat selama pandemi, pasien yang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat mencapai 228 orang.

Kepala Dinkes KBB, Hernawan Widjayanto mengatakan, dari data tersebut hingga saat ini, sebanyak 176 orang telah dinyatakan sembuh dan 6 orang meninggal dunia.

“46 orang masih dinyatakan sebagai pasien konfirmasi aktif, 22 orang probabel dan 17 diantaranya meninggal dunia,” ujar dia saat dihubungi, Senin (21/9).

Ia mengatakan, setidaknya total suspek di KBB tercatat mencapai 777 orang. Sementara itu, masyarakat yang sempat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19 mencapai 696 orang dan 69 orang masih dikarantina.

Hernawan menambahkan pasien yang termasuk terkonfirmasi aktif menjalani isolasi dan pihaknya terus melakukan tracing.

“Masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 melakukan isolasi mandiri dan jika tidak memungkinkan diisolasi di RSUD rujukan Covid-19,” katanya.

Berdasarkan hasil tracing, kata Hernawan, mayoritas masyarakat yang terpapar Covid-19 berasal dari perjalanan. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

“Salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19 yaitu dengan tetap menjalankan 3 M yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan Logistik (Darlog) BPBD KBB, Asep Sulaiman menyebut, pihaknya selain melakukan penyemprotan disinfektan di gedung perkantoran Pemkab Bandung Barat juga melakukan hal serupa di lingkungan masyarakat.

“Sesudah menyemprot disinfektan di Pemkab Bandung Barat, kita juga melakukan penyemprotan di lingkungan masyarakat yang terpapar Covid-19,” katanya.