Dibiarkan Rusak, Jalan di Cililin Jadi Jalur Tengkorak

Warga Desa Batu Layang secara swadaya perbaiki jalan Cililin penghubung Sindangkerta yang rusak parah. Foto:BBPOS/Hendri

Cililin,BBPOS- Akibat rawan kecelakaan, warga Desa Batu Layang secara swadaya perbaiki jalan yang rusak parah.

Jalan tersebut merupakan penghubung antara Cililin dan Sindangkerta.

“Satu bulan kemarin saja menelan korban dua orang meninggal dunia, serta masih banyak lagi korban yang lain,” ujar warga setempat, Beben ketika dihubungi BBPOS, Minggu (20/9).

Ia menambahkan, lantaran intensitas kendaraan yang cukup tinggi melalui kawasan tersebut, upaya menambal dinilai tidak efektif.

“Warga sering menambal jalan yang berlubang pakai tanah. Turun hujan kemungkinan jalan rusak kembali. Memang sering diperbaiki tapi pecah-pecah lagi,” ujar beben.

Beben menyebut, hampir satu tahun jalan cillilin tersebut tak kunjung diperbaiki oleh dinas terkait. Maka dari itu warga berinisiatif memperbaiki jalan berlubang dengan swadaya.

“Kita dengan warga memperbaiki jalan berlubang, semen kesik Nganjuk ti material (semen,pasir pinjam dulu dari matrial) Hingga saat ini belum dibayar. mudah-mudahan ada rezeqinya”, katanya.

Dengan kondisi tersebut, Beben pun mempertanyakan anggaran pemeliharan Dinas PU Binamarga KBB terkait kondisi jalanan yang memprihatinkan.

“Ya setidaknya ketika jalan berlubang di beskos sedikit sedikit jangan sampai pengendara yang menjadi korbannya,” katanya.

Sementara itu, warga gunung halu, Agus (23) mengatakan, beberapa pengendara sepeda motor sempat jatuh karena tidak tahu ada lubang. Dia meminta agar jalan tersebut segera diperbaiki.

“Sempat jatuh juga pengendara sepeda motor. Kalau bisa segera dibenahi, biar tidak nimbul korban. Kemudian biar jalan lebih bagus lagi,” tandasnya.