Aktivitas Pengunjung di Objek Wisata Bandung Barat Belum Dibatasi

LEMBANG,BBPOS- Pemkab Bandung Barat belum membatasi pengunjung wisata dari luar Jawa Barat termasuk Jakarta.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, sejauh ini tempat wisata di wilayahnya terutama di kawasan Lembang masih beroperasi seperti biasa.

“Wisata kita masih berjalan biasa, belum ada rencana untuk membatasi pengunjung dari luar kota atau menutup wisata di KBB,” katanya saat dihubungi, Senin (14/9).

Umbara menegaskan, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di tempat wisata, pihaknya akan memperketat penerapan protokol kesehatan.

“Yang pasti akan lebih ketat dari kemarin,agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) KBB, Sri Dustirawati mengatakan, sejauh ini belum ada intruksi khusus dari Pemprov Jabaruntuk melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Pa Gubernur (Ridwan Kamil) hanya mengintruksikan PSBB bagi wilayah yang berdekatan dengan Jakarta saja, yakni Bodebek,” jelasnya.

Sri menyebut, kunjungan wisata di Kabupaten Bandung Barat tidak setinggi biasanya sebelum masa pandemi Covid-19. Bahkan kunjungan wisatawan pada akhir pekan hanya 15 persen.

“Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bandung Barat sampai akhir 2019 mencapai 6,4 juta orang. Namun pada tahun 2020 ini, sampai bulan 9 hanya 1,2 juta orang saja,” katanya.