Launcing “Jaga Bawaslu”, Gunawan Suswantoro: Pengawas Pemilu Harus Sehat

Sekretaris Jendral (Sekjen) Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro melaunching Jaringan Keluarga Pesepeda Bawaslu (Jaga Bawaslu) di Kotabaru Parahyangan, Jumat (4/9). Foto:BBPOS/ Hendri nasir

Padalarang, BBPOS – Pilkada 2020 akan digelar di tengah masa pandemi COVID-19. Bawaslu RI mengimbau panitia pengawas pemilihan untuk menjaga kesehatan.

“Kita punya prinsip, kesehatan masyarakat itu lebih penting. Oleh karena setiap panitia pengawas harus menjaga kesehatan dengan cara berolahraga,” ujar Sekretaris Jendral (Sekjen) Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro usai membuka launching Jaringan Keluarga Pesepeda Bawaslu (Jaga Bawaslu) di Kotabaru Parahyangan, Jumat (4/9).

Oleh karena itu, Gunawan menekankan para pengawas pemilihan di daerah untuk bisa menjaga masyarakat dalam pesta demokrasi aman dari penyebaran COVID-19.

Caranya dengan menerapkan Protokol kesehatan yang ketat, menjaga imun tubuh dengan berolahraga. Sebab, Bawaslu sebagai lembaga yang membantu penegakan pemilu, anggota Bawaslu harus senantiasa dalam kondisi fresh. Salah satu kiat yang harus dilakukan adalah berolahraga.

“Ditengah pandemi ini kita harus tetap sehat untuk menjaga kepercayaan masyarakat. Kalau penyelenggara Pemilu tidak sehat apa jadinya?” ujarnya, saat melepas para pesepeda.

Bersepeda bukan satu-satunya olahraga yang bisa dilakukan agar kondisi tubuh tetap dalam kondisi sehat. Menurut Gunawan, masih banyak olahraga lainnya yang bisa dilaksanakan selain bersepeda.

Ia juga menegaskan, melalui olahraga selain jadi sehat, juga bisa meningkatkan imun tubuh. Covid-19 tidak akan mudah menyerang seseorang apabila imun tubuhnya kuat.

Bawaslu mengajak berolahraga, tidak terlepas dari tugasnya sebagai penyelenggara pemilu. Tentunya tujuan akhirnya, agar pelaksanaan pemilu berjalan lancar, tertib dan demokratis.

“Bagaimana bisa melaksanakan itu semua, kalau kitanya tidak sehat. Dengan berolahraga, kita bisa melakukan tugas dengan baik,” tandasnya.