Semangat Warga Rayakan HUT RI Tak Pudar

Batujajar, BBPOS – Meski di tengah situasi pandemi COVID-19, semangat sebagian masyarakat dalam merayakan Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia masih besar.

Mereka menggelar sejumlah kegiatan, baik yang bersifat konvensional dengan menerapkan protokol kesehatan yang diikuti warga kampung.

Warga Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB) misalnya. Senin (17/8/2020) pagi, mereka menggelar sepeda santai sebagai puncak peringatan HUT RI.

Mengambil tema ā€¯Terapkan Protokol Kesehatan” mereka menggowes sepeda mengelilingi tiap kampung sambil mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan.

Ketua Karang Taruna (Katar) Desa Pangauban, Fajar Panji Rahayu mengungkapkan, hal itu dilakukan mengingat saat ini kondisi pandemi makin menghawatirkan.

“Rangkaian acara ini dilakukan tidak terlepas juga mengikuti intruksi ketua Katar KBB untuk mengharuskan menerapkan protokol kesehatan,” kata Fajar kepada BBPOS.

Fajar mengatakan, meski ditengah pandemi antusias dan semangat para warga untuk memeriahkan HUT RI tetap dilakukan. Namun pihaknya tetap mengindahkan anjuran yang diintruksikan Pemkan Bandung Barat.

Fajar menilai, kondisi saat ini sulit menahan keinginan masyarakat untuk memeriahkan HUT RI. Oleh karena itu, Ia mengalihkan beberapa kegiatan yang sifatnya tidak berkerumun.

“Jauh-jauh hari Katar Desa Pangauban sudah menyusun kegiatan yang sifatnya tidak berkerumun. Lalu, warga juga kita imbau agar tetap menjaga jarak dan diharuskan memakai masker,” terang Ate sapaannya.

Sementara itu warga Desa Pangauban, Azis Pebiansyah (29) mengatakan, kemeriahan HUT RI tahun ini terasa berbeda dengan tahun lalu. Meski begitu tidak mengurangi rasa khidmat dalam perayaannya meskipun sederhana.

“Perayaannya sedikit, masyarakat juga tidak banyak yang ikut serta. Hanya anak-anak yang keliatan,” pungkas Azis.