Upacara HUT RI ke-75 di KBB Hanya 20 Orang, Yang Lain Virtual

Para petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan mengibarkan Bendera Merah Putih di upacara peringatan HUT RI ke 73. Foto:Dok/BBPOS

NGAMPRAH ,BBPOS- Akibat pandemi COVID-19, upacara peringatan HUT RI ke-75 tingkat Kabupaten Bandung Barat akan digelar secara sederhana.

Rencananya upacara pengibaran bendera merah putih tersebut akan dilaksanakan di lapangan Mekarsari, Komplek Pemkab Bandung Barat, (17/8) besok.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) KBB, Agus Ganjar Hidayat mengatakan, kegiatan upacara tersebut tidak melibatkan banyak orang lantaran kondisi pandemi COVID-19.

“Untuk peserta upacara itu hanya 20 orang yang terdiri dari unsur TNI/POLRI saja,” katanya saat dihubungi, Minggu (16/8).

Ia menambahkan, untuk tamu undangan hanya dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dengan jumlah yang terbatas.

“Sedangkan bagi Kepala Perangkat Daerah yang berada di gedung A dan C yang saat ini tengah disterilkan akan mengikuti secara virtual di Gedung Sekretariat Daerah (Setda),” jelasnya.

Agus menyebut, jumlah yang berbeda pun terlihat dari Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang hanya dilakukan oleh tiga orang. Sementara itu, pengiring musik pun melibatkan 24 orang dari PDRI.

“Protokol kesehatan COVID-19 pada peringatan HUT RI KE-75 tingkat Kabupaten Bandung Barat saat ini, benar-benar sangat diperhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Usai upacara pengibaran bendera, kata Agus, Pemkab Bandung Barat pun akan menggelar kegiatan mendengarkan detik-detik proklamasi dari istana negara secara virtual di masing-masing kantor Kepala Perangkat Daerah (KPD).

“Pa Bupati pun mengimbau bagi aparat kewilayahan baik camat maupun kepala desa agar menyelenggarakan upacara peringatan HUT RI ke-75 dengan mengutamakan protokol COVID-19,” pungkasnya.