Dishub KBB Tingkatkan Kompetensi Warga

Cisarua, BBPOS – Sebanyak 300 masyarakat ikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan melalui Politeknik Transportasi Darat Indonesia-Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI-STTD).

Direktur PTDI-STTD Hindro Surahmat mengatakan, diklat ini merupakan pelatihan yang diberikan kepada masyarakat tanpa dipungut biaya sebagai wujud kehadiran negara untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan prestasi kerjanya.

“Untuk STTD sendiri se-Indonesia kurang lebih 4.500 orang terbagi di 15 Kab/Kota. Bandung Barat sendiri ada 300 masyarakat yang ikut diklat, pesertanya itu dari SMA/SMK dan masyarakat umum,” ujar Hindro usai pembukaan diklat di SMAN 1 Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (13/8).

Menurut Hindro, pemerintah pusat telah mencanangkan program prioritas nasional antara lain pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan. Tujuannya, agar masyarakat dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.

Selain itu kata dia, melalui program ini nantinya para peserta dapat meningkatkan taraf hidup setelah bekerja, serta membudayakan dan meningkatkan skil yang mereka miliki.

“Saya kira ini perlu disaat saat seperti ini, karena masyarakat memerlukan peluang kerja, kita dorong mereka mempunya keahlian supaya bisa bekerja. Apalagi disuasana pandemi, banyak perusahaan yang tutup dan sebagainya. Dengan bekal ini diharapkan kedepan bisa bekerja,” kata dia.

Hindro meminta, para peserta pelatihan agar dapat memanfaatkan Diklat ini untuk menambah ilmu dan pengetahuan sebagai bekal melaut.

‚ÄúPahami apa yang diberikan instruktur dan pelatih selama pelatihan berlangsung. Semoga ilmu yang diperoleh dalam pelatihan ini bermanfaat dan memberikan nilai tambah serta meningkatkan kualitas dan taraf hidup serta kesejahteraan,” ucap dia.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan KBB, Ade Komarudin, mengapresiasi dan sangat mendukung dengan adanya kegiatan DPM ini. Sehingga, kata dia, masyarakat Bandung Barat lebih berdaya saing.

“Terutama disitusasi pamdemi seperti ini para peserta dapat menambah wawasan dan ilmu yang nantinya bisa dijadikan peluang bekerja. Selain itu dapat menambah SDM yqng berkualitas juga di lingkup Dishub KBB,” kata dia.