Dinkes KBB Lakukan Swab Tes Orang yang Pernah Kontak Dengan Pasien 5 Positif COVID-19

Ngamprah, BBPOS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat melakukan tes swab terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bandung Barat.

Tes massal tersebut dilakukan guna mentracing pegawai yang sempat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif COVID-19. Hingga saat ini setidaknya ada 5 yang terkonfirmasi positif COVID-19.

“Hari ini, kira dahulukan Dinas Kesehatan dan Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) dulu. Karena belakangan yang terpaparnya (positif terinfeksi Covid-19) dari dua dinas itu,” ungkap Sekretaris Dinkes KBB Nanang Ismantoro, saat dihubungi wartawan.

Sebelumnya, ASN KBB yang terinfeksi Covid-19 dua orang dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispernakan). Untuk dinas tersebut, telah dilakukan swab dan mereka melakukan isolasi mandiri.

Kemudian menyusul dua ASN Dispora dan satu ASN Dinkes. “Makanya, kita dahulukan karyawan dua dinas itu, sambil melakukan tracking dengan siapa saja mereka kontak langsung sebelumnya,” tegas Nanang.

Ia belum bisa menyebutkan klaster yang terpapar dari Dispora dan Dinkes tersebut. Berbeda dengan ASN Dispenakan diketahui yang terpapar dari klaster Gedung Sate.

“Kita lagi fokus ke tracking yang positif itu, untuk memutus mata rantai penyebarannya dan langsung lakukan swab. Termasuk saya sendiri, sudah diswab,” pungkasnya.

Dampak terinfeksinya ASN KBB tersebut, 19 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di gedung A dan Gedung C mulai hari ini ditutup oleh Pemda KBB. Surat edaran penutupan dua gedung tersebut telah beredar kemarin malam.