Anggota DPR RI Iis Edhy Prabowo Serahkan Bantuan Rutilahu Rp 3,1 Miliar untuk 1.000 Rumah

Anggota DPR RI dari fraksi Gerinda, Iis Edhy Prabowo secara simbolis menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni), di Desa Cibodas kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (21/7). Foto:BBPOS/Hendri

Lembang, BBPOS – Anggota DPR RI dari fraksi Gerinda, Iis Edhy Prabowo secara simbolis menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni), di Desa Cibodas kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (21/7).

Anggota Legislatif DPR RI Dapil Jawa Barat 2 (Kabupaten Bandung dan KBB) ini mengatakan, penyerahan program bantuan tersebut merupakan bagian dari agenda Reses Anggota DPR RI untuk menyapa, menjaring, sekaligus mengadvokasi aspirasi masyarakat.

“untuk dapil saya pribadi sekitar 1000 rumah untuk Kabupaten Bandung 60% dan Bandung Barat 40%,” kata dia.

Iis mengatakan BSPS tersebut merupakan salah satu program strategis pemerintah pusat untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan masyarakat mewujudkan rumah layak huni.

Bantuan BSPS ini kata dia, berupa stimulan (pancingan) agar masyarakat mau memperbaiki rumahnya dan meningkatkan kualitas rumah hunian serta mendorong masyarakat untuk mau berswadaya dalam menyelesaikan rumahnya sendiri.

Keswadayaan dapat berbentuk tabungan uang, bahan bangunan maupun dalam bentuk tenaga kerja dan gotong royong dengan lingkungan sekitar.

“Semua itu dimulai dari rumah. Ketika rumah sudah layak maka kedepannya itu akan berpengaruh kepada apapun yang mereka kerjakan,” kata dia.

“Untuk Kecamatan Lembang ada 30 rumah rutilahu yang siap dibedah. Total seluruhnya ada 47 kecamatan untuk KBB dan Kabupaten Bandung,” sambung dia.

Program ini BSPS ini lanjut Iis, ditujukan ke kepada masyarakat yang yang kurang mampu, untuk mendorong mereka agar bisa memiliki rumah layak huni dan mendapat lingkungan hidup yang sehat.

“Kita akan berjuang membawa aspirasi ini agar lebih besar. Dengan harapan pada tahun 2021 dengan anggaran yang baru bisa lebih dari sekarang,” imbuh dia.

Anggota DPRD KBB Fraksi Gerindra dapil Lembang Hanes Lise mengatakan, sekitar Rp 3,1 miliar program pemerintah pusat melalui Anggota DPR RI, Iis Edhy Prabowo yang siap digulirkan untuk KBB.

“Kalau Kab. Bandung hampir Rp 5,7 miliar. Program itu berdasarkan pemaparan Bu Iis untuk irigasi, rumah tidak layak huni dan program masyarakat lainnya,” sebut Hanes.

Sementara itu Kepala Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Didin Sukaya mengatakan program BSPS ini sangat membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di wilayahnya.

Harapannya, tidak ada lagi warga Cibodas tinggal di rumah yang tidak layak huni. Karenanya, Didin berharap pada Tahun Anggaran 2020, jumlah penerimaan manfaat dari program ini meningkat.

“Mudah-mudah di tahun depan meningkat BSPSnya. Untuk Cibodas dapat 10 rumah dengan nilai bantuan Rp 17,5 juta/unit. Batuan berupa uang itu masuk ke rekaning masing-masing penerima manfaat tidak melalui desa. Kami hanya melakukan pengawasan saja jangan sampai disalahgunakan,” tandasnya.