Kadinkes KBB Benarkan 30 Orang Disnakertrans Jalani Tes Swab

Lembang, BBPOS – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lembang, Kabupaten Bandung Barat, melakukan test swab kepada para pegawai Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Disnakertrans) KBB, Senin (13/7).

Berdasarkan pantauan, terlihat beberapa petugas medis tengah memeriksa para pegawai Disnakertrans KBB di depan RSUD Lembang.

Pihak RSUD Lembang juga membatasi aktivitas masyarakat yang hendak berkunjung ke rumah sakit dengan harus mengikuti beberpa pemeriksaan, seperti cuci tangan, memakai masker dan gunakan hand sanitizer.

Untuk para peserta tes swab, disediakan ruangan khusus yang disediakan demi mencegah interaksi dengan massyatakat lainnya.

Tampak, para peserta tes swab itu mengantre di pintu masuk untuk mendapatkan giliran.

Hadir di area itu, Kepala Disnakertrans KBB Iing Solihin. Usai keluar dari area tersebut Iing Solihin dari kejauhan melambaikan tangan pada wartawan seraya pergi memakai mobil dinas.

Sementara itu pihak RSUD Lembang hingga saat ini belum dapat memberikan keterangan terkait test swab yang dilakukan ke pegawai Disnkertrasn KBB.

“Data lagi kita input dulu takut keburu tutup, ke dokter Dini aja,” ujar petugas swab test Ai di lokasi.

Sementara dr. Dini saat ditemui sedang tidak ada di tempat. Ai menyuruh awak media untuk kembali lagi ke RSUD Lembang.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB Hernawan saat dihubungi, Selasa (14/7/2020) melalui pesan singkatnya menyatakan bahwa peserta yang menjalani swab tes ada 30 orang.

Hernawan belum merinci tentang klaster dan tracking para pegawai Disnakertrans KBB tersebut. Berdasarkan informasi yang berkembang, swab tes tersebut sebagai salah satu tracking dari salah seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) KBB yang kepulangannya dijemput salah seorang pegawai Disnakertrans KBB.

“TKI itu sekarang sedang diisolasi di BKPSDM Jabar, karena positif Covid-19. Tapi satunya lagi, yang perempuan negatif,” beber salah seorang nara sumber yang enggan disebut identitasnya.