Kota Cimahi Mendapat Program 210 Bedah Rumah dari BSPS Kementrian PUPR

CIMAHI,BBPOS- Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya ( BSPS) dari Kementrian PUPR untuk Kota Cimahi, digelontorkan sebanyak 210 unit rumah di tahun ini.

Korpas BSPS Kota Cimahi Dani Supriatna mengatakan, program bedah rumah untuk tahun 2020 paling banyak di Kecamatan Cimahi Utara sebanyak 150 unit, Cimahi Tengah 20, dan Cimahi Selatan 40 unit.

Dani menjelaskan, untuk  di Kampung Cipeer Rt 05 rw 01 Kelurahan Citereup. Program bedah rumah tersebut dibantu oleh Ranting Pemuda Panca Marga (PPM) Kecamatan Cimahi Utara.

“Alhamdulilah untuk Citereup RW 1 Cipeer kami dibantu oleh teman-teman ranting Pemuda Panca Marga dalam melaksanakan program ini,” ujar Korpas BSPS Kota Cimahi, Dani Supriatna ditemui di lokasi kegiatan, Rabu (8/7/2020).

Program tersebut, kata Dani, sudah digulirkan sejak tahun 2011 dan sudah 9 kali digulirkan di Kota Cimahi. Nah, tahun ini, per unit mendapat bantuan Rp 17.500.00, berupa matrial Rp 15 juta dan 2.500.000 untuk upah kerja.

“Mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi jumlahnya karena hasil verifikasi di lapangan ternyata masih banyak warga Cimahi yang rumahnya mesti dibedah,” ungkap Dani.

Dani menegasakan, Kriteria program BSPS berbeda dengan rutilahu maupun bantuan dari pemerintah provinsi.Program yang digulirkan oleh Kementrian PUPR ini lebih pada penguatan struktur bangunan dari mulai krangka besi, pencahayaan, sirkulasi udara, juga jamban harus bagus.

” Jadi dengan begitu menciptakan rumah sehat layak huni bagi keluarga ,” tandasnya.

Sementara itu, Ranting PPM Cimahi Utara, Rusdiana ikut terlibat dalam program tersebut. Anggota PPM bersama warga membantu dalam proses bedah rumah.

“Kami ikut bakti sosial dalam program ini sebagai wujud kepedulian organisasi untuk masyarakat,” ungkapnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih atas bantuan program BSPS yang digulirkan oleh Kementrian PUPR khususnya yang berada di RW 1 Cipeer. ***