Angin Puting Beliung Terjang Jayamekar, Puluhan Bangunan Rusak

Padalarang,BBPOS- Puluhan rumah di dua Kampung, Desa Jayamekar Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat (KBB) rusak diterjang angin puting beliung, Minggu (21/6/2020).

Berdasarkan informasi yang diperoleh, puting beliung yang disertai angin kencang dan hujan tersebut di Kampung Gunung Bentang terjadi sekitar pukul 17: 00 WIB.

“Angin puting beliung datang dari arah barat serta ditengah lapang yang dilintasinya sehingga asbes yang menutupi area lapang berhamburan ,” kata Kepala Desa Jayamekar Siti Khoeriah , saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Menurutya, akibat terjangan anging puting beliung itu sejumlah rumah warga ruksak ringan dan ada juga ruksak berat.

” Data sementara, ada 12 rumah ruksak di dua RW. RW 15 dan RW 16 yang paling parah di Rw 15 kampung gunung bentang, mayoritas kerusakan di bagian atap,” ucap siti

Ia mengungkapkan, peristiwa angin puting beliung tersebut merupakan kejadian yang pertama . Beruntung tidak ada korban jiwa atau luka dalam kejadian itu.

“Sekarang sejumlah warga tengah membereskan beberapa puing-puing serpihan akibat puting beliung itu, “ujarnya

Sementara itu pihak Desa sudah mendata kerugian terkait bencana puting beliung dan sudah melaporkan kepihak BPBD KBB.

Sementara itu Kepala BPBD KBB Dudi Prabowo menegaskan, kejadian tersebut sekitar 10 menit dan puluhan rumah rusak ringan. “Petugas sudah kelapangan dan melakukan pendataan dengan perangkat Desa, alhamdulilah kejadian tadi sore tidak ada korban jiwa,” tandasnya