Emil larang Wisatawan Luar Masuk Jabar

Lembang,BBPOS-Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menegaskan pengelola dan pemkab/pemkot harus memastikan pengunjung dari luar Jabar tidak datang.

Hal tersebut merupakan salah satu syarat dari Pemprov Jabar dalam menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) bagi wilayah yang berada di zona biru.

Emil menjelaskan, pihaknya meminta pemerintah daerah setempat yang berada di zona biru untuk menerapkan AKB dengan protap yang ketat.

“Objek wisata di Jabar direkomendasi tidak dibuka dulu bagi warga di luar Jabar. Mudah-mudahan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kab/Kota setempat,”katanya di Lembang, Minggu (14/6/2020).

Sejauh ini, kata Emil, berdasarkan tinjauan di beberapa tempat di Jawa Barat. Wilayah Kabupaten Bandung Barat termasuk daerah yang baik dalam menerapkan AKB.

“70 persen sesuai ekspektasi, ada penerapan antrian masuk lalu, cek suhu, lalu kepasitas pengunjung sudah sesuai,”katanya.

Emil menyebut, pihaknya mengapresiasi salah satu terobos yang didorong Pemkab Bandung Barat yakni berupa penjualan tiket masuk secara online.

“Di KBB tidak ada pembayaran fisik dan ini harus dipaksa agar masyarakat terbiasa. Dan hal ini merupakan sesuatu yang bagus,”katanya.

Emil menegaskan, pengelola dan pemerintah daerah setempat untuk menjalankan prosedur yang telah ditetapkan Pemprov Jabar terkait AKB.

“Jadi saya titip ke bupati (Aa Umbara) jangan sampai naik menjadi kuning.Ini proses kenapa saya monitor. Karena ingin memastikanbbahwa pariwisata KBB aman,”pungkasnya.