Asik…! Objek Wisata di KBB Kembali Buka Besok

Lembang, BBPOS – Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, meninjau langsung persiapan pengelola objek wisata yang akan kembali beroperasi pada Sabtu (13/6/2020)besok.

Umbara mengatakan, peninjauan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan sejumlah objek wisata di Bandung Barat menjelang pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Ada beberapa yang dicek, salah satunya di setiap tempat wisata. Pengelola harus menyiapkan pos COVID-19 dan puskesmas, langkah itu sebagai antisipasi. Karena mulai besok sudah dibuka,” ucap Umbara di Farmhouse Lembang, Jumat (12/6/2020).

Menurut Umbara, meski sudah dibukanya kembali sejumlah objek wisata di KBB. pihaknya meminta pengelola tetap harus menerapkan protokol kesehatan yamg dianjurkan pemerintah. Selain itu jumlah wisatawan yang datang juga dibatasi.

“Jadi biasanya kapasitas ini 1.000 jadi 300. Kalau tidak diantisipasi begitu akan banyak, apalagi Lembang maskot wisata,” kata dia.

Selain itu, mengenai pembukaan tempat pada new normal, Umbara menegaskan tempat wisata dibuka secara bertahap di Bandung Barat.

Ia pun mengimbau para pengelola objek wisata untuk menggandeng TNI/Polri dalam pengawasan pasca dibukanya kembali.

“Jadi harus dipantau juga oleh TNI/Polri. Disamping menjaga bisa memantau dilokasi. Jadi ketika terjadi kerumunan tentunya, Kapolsek dan Danramil mengintruksikan objek wisata mana yang ditarik. Jadi harus cekatan juga,” terang Umbara

“Pengelola pun harus sigap menghubungi pihak TNI/Polri untuk mengamankan. Karena kita mengejar zona hijau tinggal bagaimana pengelola wisata masyarakat bener-bener bisa disiplin. Awas ini evaluasi 1 minggu jangan sampai ada apa-apa dan jangan sampai jadi kuning,” sambungnya.

Sementara itu, Ferry Tristianto selaku pemilik Farmhouse mengatakan, mengaku sudah setiap hari memperhatikan penerapan protokol kesehatan dan memastikan prosedural berkaitan dengan pencegahan COVID-19.

“Kami sudah lakukan step by step untuk mengantisipasi kerumunan. Kami dan tim selalu mengikuti aturan prosedural yang diberikan baik dari pemerintah,” kata dia.