Nenek Jua Hidup Sebatang Kara di Citalem, Belum Tersentuh Bantuan

Sindangkerta, BBPOS – Nek Jua (77), warga Kampung Cibogo RT/RW 03, Desa Citalem, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) tetap bertahan hidup dalam gubuk reot seorang diri.

Ironisnya, pemerintah desa setempat maupun kecamatan hingga kabupaten tak pernah memberikan bantuan apa pun terhadap nenek renta yang hidup sebatang kara tersebut. Padahal, kondisi rumah kayu yang ditempatinya sudah miring dan nyaris ambruk.

Nenek renta yang mengandalkan makan dari uluran tangan warga sekitarnya dan mengolah makanan dari alam yang ada di sekitar rumahnya sungguh fenomena yang memilukan.

Sementara ditengah pandemi virus Corona (COVID-19), baik pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah daerah sedang gencar-gencarnya memberikan bantuan terdampak COVID-19, namun ironis Nek Jua terlewatkan.

“Sampai saat ini, belum pernah dapat bantuan dari pemerintah. Sembako, tunai atau apapun bentuknya, si Nenek belum pernah dapat bantuan tuh,” ujar Ketua Forum Masyarakat Peduli Citalem Agus Gunawan, saat dihubungi, Kamis (4/6/2020).

Jika dilihat dari fisik rumahnya saja, seharusnya Nek Jua menjadi prioritas bantuan. “Jangankan untuk perbaikan rumahnya, untuk bantuan sembako saja belum pernah kebagian,” ungkap Agus.

Oleh karena itu, ia mencoba mengetuk para dermawan agar peduli nasib Nek Jua. Agus berharap, ada bantuan untuk memperbaiki rumah Nek Jua yang sudah reyot karena khawatir rumahnya roboh akibat dimakan usia.

“Kalau bisa, saya minta ke Pak Bupati, prioritaskanlah program rutilahu buat Nek Jua dulu. Terus tolong dong bantuan sembakonya, Nek Jua jangan dilewat saja,” tandas Agus.