Warga Kampung Kepuh “DIKERJAI” Proyek U-Ditch, Belum Setahun Ambrol

Warga kepuh gotong royong membenahi jembatan penghubung antar kampung, Foto:dok/BBPOS

Padalarang,BBPOS- Akibat jembatan besi beton ambrol, jalan penghubung antar kampung di Desa Padalarang Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat (KBB), lumpuh.

Hal tersebut lantaran jembatan untuk menutupi U Ditch Ambrol tidak bisa dilintasi roda empat.Akibatnya mobilitas warga setempat terganggu.

Menurut ketua ojek Kepuh, Enci menjelaskan proyek U Dith atau gorong-gorong ini baru dibangun kurang dari setahun namun sudah rusak kembali.

“Kalau tidak salah pembangunan U Ditch ini di bulan November 2019, dan sekarang sudah ada beberapa yang ruksak,” ujarnya, minggu(31/5/2020).

Ia menambahkan, jika kondisi tersebut dibiarkan, warga setempat khawatir membahayakan pengguna jalan yang melintas.

“Maka dari itu ojek bekerjasama dengan aparat Desa, warga dan karang taruna RW 11 membongkar jembatan dan memperbaiki secara swadaya,”katanya.

Enci menyebut, pembongkaran ini merupakan lokasi kedua. Sebelumnya perbaikan serupa dilakukan di jembatan yang menghubungkan kampung Cidadap.

“Untuk kali ini sama kita bongkar besi betonnya dan kita las kembali kemudian kita perbaiki dengan adukan yang baru”, katanya.

Ditempat yang sama jamar mengungkapkan, pembongakran pembangunan U Ditch dari anggaran APBD KBB tersebut, sebagai bukti pekerjaan yang asal-asalan.

“Kami warga udunan untuk memperbaiki Uditch yang bolong, beli pasir, semen dan besi untuk memperkuat besi beton,”katanya.

Ditempat yang berbeda Yuli (28) warga padalarang menyayangkan, proyek dari APBD tersebut tidak disertai anggaran untuk pemeliharaan.

“Ini harus dipertanyakn ke Dinas terkait, dan saya salut kepada warga kepuh yang gerak cepat memperbaiki meskipun dengan anggaran udunan serta gotong royong yang baik,” tandasnya.