14 Nama Berebut Tiga Kursi Kepala Dinas di Bandung Barat

Tiga jabatan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintahan Bandung Barat segera terisi. Hal tersebut lantaran seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) telah memasuki tahap akhir. Foto: istimewa/Net

Ngamprah,BBPOS- Tiga jabatan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintahan Bandung Barat segera terisi.
Hal tersebut lantaran seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) telah memasuki tahap akhir.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Asep Ilyas mengatakan, 14 pejabat tersebut telah lolos tahapan seleksi.

“Kemarin selesai assessment dan dilanjutkan dengan seleksi kompetensi bidang yang terfokus kepada masing-masing jabatan tiga dinas tersebut,”kata Asep, Kamis (27/5/2020).

Asep mengungkapkan, selanjutnya panitia seleksi (pansel) hari senin mendatang akan melaksanakan tahapan wawancara terhadap 14 calon kepala Dinas.

“Jadi tahapan terakhir sesi wawancra untuk 14 calon kepala Dinas dan sekaligus sistim gugur, nanti tinggal sisa tiga besar,”katanya.

Asep menegaskan, nama ASN yang disodorkan dalam jajaran tiga besar dipilih secara objektif sesuai dengan regulasi yang tertera dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Selain itu, netralitas penilaian juga dijaga secara ketat.

“Pansel memperhitungkan kompetensi dari para peserta. Ketatnya penilaian mengingat posisi yang hendak diisi cukup krusial dan netralitas penilaian juga dijaga secara ketat,” imbuhnya.

Di tempat yang berbeda Kabid Pengembangan Karier Agnes Virganty mejelasakan, bulan juni untuk kepala dinas yang kosong akan segera terisi. Ketiga posisi kepala dinas tersebut yaitu untuk Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan dan Dinas Pertanian.

Masih kata agnes, untuk panitia seleksi (pansel) setekah hasil wawancra nanti menyeleksi tiga calon terbaik. Tiga besar Aparatur Sipil Negara (ASN) di umumkan dibulan juni, setelah itu disodorkan kepada pak Bupati untuk memilih salah satu diantaranya.

“Tiga besar ASN hasil wawancra nanti diumumkan dibulan juni, setelah itu nanti ketiga besar itu disodorkan kepada pak Bupati, Jadi yang menentukan pak Bupati karena sebagi PPK,” tandasnya

Masih kata agnes, untuk dua kepala Dinas nanti akan dilantik di bulan juni. Sedangkan untuk pelantikan kepala Dinas perhubungan di bulan september dikarnaekan masa BOP pensiunnya dibulan agustus

14 pejabat yang ikut dalam seleksi:

Jabatan Kepala Dinas Pendidikan urutan nomor 1 Asep Dendih ke 2 Hasanudin, ke 3 Lukman Nurhakim, ke 4 Suarsa, dan ke 5 Utep Herlina Efendi.

Sedangkan posisi untuk Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan urutan ke 1 Alit Rukmana, ke 2 Heru Budi Purnomo, ke 3 Iwan Mustawan Aziz, dan ke 4 Wahyudin.

Kepala Dinas Perhubungan posisi ke 1 Ahmad Fauzan Azima, ke 2 Akhmad Panji Hernawan, ke 3 H. M. Suryaman Efendi, ke 4 Moch Lukman Hakim, dan ke 5 Sulaena Faisal.